Berita

Upacara Hari Lahir Pancasila, Kakan Kemenag Padang Lawas Pimpin Do’a Bersama

Kamis, 1 Juni 2023 16:05 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh Pemkab Padang Lawas di Halaman Kantor Bupati, SKPD Terpadu, Sigala-Gala. Kamis (01/06).

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Plt Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si, MH. dan Pembacaan do’a dipimpin oleh Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A.

Dalam do’anya, Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. memohon kesehatan dan kekuatan bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya para pemimpin demi menjalankan tugas-tugas kenegaraan untuk membangun serta mengembangkan daerah. Untuk harmoni kerukunan, di momen peringatan hari lahir Pancasila ini, semoga Pancasila tetap menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Upacara diikuti oleh unsur Forkopimda, Sekda, Arpan Nasution, S.Sos, pimpinan OPD, Tim Penggerak PKK, organisasi mahasiswa dan kepemudaan, serta para ASN pada intansi vertikal.

Sebelumnya, Plt Bupati Padang Lawas membacakan amanat  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang berisikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandung merupakan falsafah dasar, pandangan  hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, katanya merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman sekaligus sebagai "Bintang  Penuntun" dinamis memandu kehidupan bagsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Pancasila digali dan lahir dari bumi indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu mari kita mengaktualisasikan pancasila untuk senantiasa diamalkan disendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Dikatakan, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, sudah semestinya disambut dengan penuh rasa sukur dan bangga.

Kata Plt Bupati, Pancasila merupakan anugrah dari tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, pengamalan nilai pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Plt Bupati mengajak, semua elemen masyarakat untuk mengamalkan nilai pancasila dalam bentuk sederhana seperti saling menghormati, inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam indentitas nasional bhinneka tunggal ika.

Upacara berjalan dengan baik dan sukses hingga selesai.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd