Berita

Tingkatkan Layanan, Kakan Kemenag Padang Lawas Laksanakan Supervisi dan Evaluasi Di KUA Kecamatan Sosopan

Selasa, 1 Agustus 2023 18:30 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, MA bersama Kasubbag Tata Usaha, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd. MH dan Plt. Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, melaksanakan supervisi dan evaluasi program kelembagaan KUA Tahun 2023 di Kecamatan Sosopan. Tim supervisi dipimpin langsung oleh Plt. Kasi Bimas Islam, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd. MH, Selasa, (01/08).

Monitoring supervisi kelengkapan administrasi berupa surat tugas penghulu saat bertugas menikahkan di luar kantor, bukti setor calon pengantin (catin), buku register nikah rujuk (NR), buku stok Khusus N, NA, NB, dan DN serta dokumen lain yang menyangkut  layanan KUA terhadap Catin saat melakukan pendaftaran sampai pelaksanaan pernikahan baik di Luar Kantor maupun di Balai Nikah KUA setempat.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A menyampaikan bahwa saat ini KUA dituntut untuk lebih proaktif dalam setiap penyampaian laporan. Dilakukan secara berkesinambungan, berjenjang dan bertahap, menyampaikan informasi dan melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

“Ujung tombaknya Kementerian Agama adalah KUA, maka setiap penilaian masyarakat baik atau buruknya pelayanan yang diberikan akan berimbas kepada Kementerian Agama. Oleh sebab itu, pelayanan yang diberikan harus prima, sesuai dengan aturan yang berlaku dan tertata dengan baik. KUA harus menjadi contoh pelayanan yang baik bagi masyarakat karena KUA adalah sentral pelayanan keagaaman di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kakan Kemenag.

Pada kesempatan ini Plt. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam mengungkapkan, monitoring dan supervisi yang dilakukan untuk memeriksa administrasi agar segala bentuk pelayanan KUA tetap berjalan sesuai ketentuan berlaku baik pelaksanaan pencatatan pernikahan, rujuk, masjid, wakaf, zakat, kependudukan, keluarga sakinah, dsb.

Ia juga mengatakan supervisi ini adalah pembinaan Kepala KUA, staf maupun penyuluh yang ada di KUA termasuk di antaranya penataan ruang serta administrasi yang sudah baik tetap dipertahankan dan yang belum baik agar lebih ditingkatkan.

“Selain itu kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk pengawasan Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas melalui Seksi Bimas Islam yang telah dijalankan KUA, terutama pada nikah dan rujuk serta pelayanan lainnya kepada masyakarat,” lanjut Ahmad Saidi

“Dengan supervisi ini, dapat dipastikan manajemen pelayanan administrasi di seluruh KUA khususnya dalam  pengelolaan PNBP harus efektif, efesien dan akuntabel serta untuk mengetahui  kondisi riil pada data dan dilapangan,” jelasnya.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Sosopan, Hermasyah, SE berharap dengan adanya supervisi ini mampu meningkatkan kinerja pegawai dan staff untuk mewujudkan pelayanan publik yang berlandaskan dengan lima nilai budaya kerja kementerian Agama RI yakni integritas, profesionalitas, inovasi,.tanggungjawab,dan keteladanan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kakan Kemenag Padang Lawas, Plt. Kasi Bimas Islam dan tim supervise Kankemenag Padang Lawas. Semoga Kemenag Padang Lawas semakin bersinar dan pelayanan pada KUA Kec. Sosopan dapat terus ditingkatkan.” tutup Ka.KUA

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd