Berita

Penutupan Manasik Haji Mandiri, Kakan Kemenag Padang Lawas Himbau Calon Jamaah Untuk Menjaga Kesehatan

Selasa, 9 Mei 2023 06:41 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. secara resmi menutup acara Manasik Haji Mandiri jamaah calon haji tahun keberangkatan 2023 di MDTA H. Syukur Simamora Desa Pasar Binanga Kecamatan Barumun Tengah, Senin (08/05).

Sebanyak 54 orang jamaah calon haji Kecamatan Barumun Tengah Raya yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2023 telah mengikuti bimbingan Manasik Haji secara Mandiri. Dan tiba saatnya dipenghujung bimbingan manasik haji tersebut dilaksanakan acara penutupan.

Kegiatan  penutupan diisi dengan materi rangkain ibadah, materi dari dinas kesehatan dan pemantapan tata cara beribadah baik teori maupun praktek oleh al-ustadz H. Umar Shaleh. Berbagai ilmu manasik yang sudah didapatkan oleh calon jamaah haji dalam bimbingan manasik haji diharapkan dapat dipergunakan secara baik dan benar sebagai bekal jamaah dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A.  dalam arahan bimbinganya sebelum menutup manasik tersebut memberikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jamaah calon haji Batara (Barumun Tengah Raya) yang telah melaksanakan Bimbingan Manasik secara Mandiri. Dikatakannya bahwa bimbingan manasik sangat penting bagi setiap jamaah calon haji, karena semua ibadah termasuk ibadah haji harus dikerjakan dengan ilmu, tidak sekedar ikut-ikutan. Dilanjutkan ajakan kepada semua peserta Bimsik yang hadir untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, termasuk kesempatan memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji.

Beliau menjelaskan bagaimana jamaah haji ini dalam bimbingan manasik dapat memahami,mengetahui syarat dan rukun, memperbanyak amalan ibadah baik rukun dan sunnah selama di tanah suci. sehingga hajinya nanti betul-betul memperoleh haji yang berkualitas dan mendapatkan predikat Haji Mabrur.

Tak lupa, Kakan Kemenag Padang Lawas juga menghimbau kepada jamaah untuk tetap menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan menghindari kegiatan yang berat-berat sehingga beresiko terhadap kesehatan serta bepergian keluar kota apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

“Mari kita pelihara kesehatan masing-masing. Jangan sampai karena kondisi kesehatan yang tidak baik dapat menggagalkan para jamaah calon haji Batara yang sebentar lagi akan diberangkatkan haji ke tanah suci.” harap Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Terakhir, terimakasih kepada semua yang sudah membantu jamaah dalam bimbingan manasik haji mandiri ini. Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk menyelenggarakan ibadah haji dengan baik. Dan sebentar lagi akan dilaksanakan juga Manasik Haji di Kecamatan dan juga Kabupaten oleh Pemerintah secara bersama guna lebih meningkatkan dan memantapkan pemahaman dan pengetahuan para jamaah dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.” Tutup Kakan Kemenag Padang Lawas.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd