Berita

Pembina Apel Pagi Di Ponpes Al-Hakimiyah, Kakan Kemenag Padang Lawas Serahkan Beasiswa 40 Orang Santri

Rabu, 26 Juli 2023 06:37 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A  menjadi pembina apel pagi di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah, Paringgonan, Selasa Pagi (25/07).

Dalam amanatnya, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A mengatakan bahwa sangat berbahagia sekali bisa hadir bersama santri/a pada apel pagi di Pondok Pesangtren Al-Hakimiyah, Paringgonan.

“Untuk mencapai bahagia di dunia dan akhirat maka hari ini saya ingin berikan tips, cara, upaya dan usaha yang harus dilakukan agar anak-anakku semua menjadi orang yang berguna baik bagi agama, nusa dan bangsa yaitu dengan istilah 3M,” ujar Kakan Kemenag.

“M yang pertama ialah muraqabah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di pagi hari anak-anakku bangun, cepat bangunya, kemudian dekatkan dirimu kepada Allah, shalatlah, baca al-qur’an dan sempatkan untuk membantu orangtua di rumah.”

“Selanjutnya M yang kedua adalah mujahadah artinya bersungguh-sungguh. Anak-anakku dalam berjihad menuntut ilmu harus bersungguh-sungguh. Sebagai seorang yang berjihad maka langkahkan kaki dari rumah luruskan niat untuk menuntut dan menambah ilmu di Pondok Pesantren. Sehingga apapun yang terjadi bagi seseorang yang sedang berjihad tak ada balasan selain surga jannatun na’im”.

 

“Terakhir, M yang ketiga adalah muhasabah yaitu introspeksi diri. Merenungkan sejenak apa yang telah kita kerjakan selama satu hari penuh. Jika ada pekerjaan anak-anakku yang kurang baik maka esok harinya harus diperbaiki. Begitu seterusnya. Sehingga in syaa Allah jika ketiga M ini anak-anakku implementasikan dalam kehidupan sehari-hari maka akan bisa memberikan prestasi kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Selamat belajar anak-anakku di Pondok Pesantren al-Hakimiyah, semoga anak-anakku semua kelak menjadi orang yang sukses.” tutup Kakan Kemenag.

Di akhir kesempatannya, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A memberikan beasiswa pendidikan selama 6 bulan kepada 40 orang santri tingkat Aliyah di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah. Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis kepada salah seorang santri kelas XA atas nama Yuli Harahap. Dan dari santri tersebut langsung diberikan kepada Kepala Madrasah Aliyah, Al-Ustadz H. M. Rohyan Hasibuan, M.Pd.

Kegiatan apel pagi Kakan Kemenag Padang Lawas di Pondok Pesantren tersebut berjalan dengan baik, disertai dengan semangat dan penuh hikmat.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd