Berita

Optimalkan Digitalisasi Penggunaan Google Drive untuk Pemberkasan Tunjangan Profesi Guru PAI

Kamis, 12 September 2024 16:26 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)-- Bertempat Aula Astaka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Melaksanakan  kegiatan penting yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemberkasan tunjangan profesi guru agama Islam. Acara ini merupakan upaya yang dipelopori oleh Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kabupaten Padang Lawas. Dihadiri oleh berbagai pihak terkait, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengoptimalkan penggunaan Google Drive dalam pengelolaan dokumen tunjangan profesi guru, Kamis (12/09).

Kegiatan ini secara langsung  dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA. Dalam sambutannya, H. Abdul Manan menekankan pentingnya digitalisasi dalam mengelola berkas dan dokumen terkait tunjangan profesi. Beliau berharap bahwa sistem pengiriman dukungan secara online ini dapat mempercepat dan mempermudah proses pencairan sertifikasi dan keperluan administratif lainnya dan mempunyai dasar hokum yang legal.

Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan utama, Meningkatkan Efisiensi Administrasi, Penggunaan Google Drive diharapkan dapat mempercepat proses pemberkasan dengan mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik, Mempermudah Pengiriman Dokumen; Dengan sistem digital, dokumen dapat dikirimkan secara online, mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses pengiriman dan penerimaan berkas, Mengurangi Kesalahan Administratif;  Digitalisasi dapat membantu mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pengelolaan berkas yang sering terjadi pada sistem manual.

Aksi perubahan Digitalisasi bukan hanya tentang mengubah format, tetapi juga tentang meningkatkan cara kita bekerja dan berinteraksi dengan informasi. Dengan Google Drive, Anda dapat menjadi bagian dari perubahan ini, mengoptimalkan pengelolaan data, dan mencapai produktivitas yang lebih tinggi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk, Kasubbag Tata Usaha, H. Ahmad Saidi, M.H., Seluruh Kasi dan Penyelenggara Kabupaten Padang Lawas, Ketua KKG SD, Ketua MGMP SMP, SMK/SMA, Operator SD, SMP, dan SMK/SMA.

Pemateri utama dalam kegiatan ini adalah Martua Lubis. Dalam sesi paparan, Martua Lubis menjelaskan secara rinci mengenai Pengenalan Web Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan, Sahut Martua memaparkan fitur dan fungsi dari situs web resmi yang digunakan untuk pengelolaan dokumen. Cara Pengiriman Dokumen melalui Google Drive; Pemateri menunjukkan langkah-langkah praktis dalam menggunakan Google Drive untuk mengunggah, menyimpan, dan mengirimkan dokumen secara online. Penjelasan ini mencakup cara membuat folder, mengatur izin akses, serta proses upload dan share file.

H. Abdul Manan sebagai mentor berharap bahwa dengan adanya sistem pengiriman dukungan secara online ini, seluruh proses administrasi dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Digitalisasi diharapkan tidak hanya mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk pengelolaan dokumen, tetapi juga meningkatkan akurasi dan keamanan data.

Martua Lubis juga menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi para operator dan staf administratif agar mereka dapat memanfaatkan Google Drive secara optimal. Dengan pemahaman dan keterampilan yang memadai, seluruh pihak akan lebih mudah beradaptasi dengan sistem digital ini.

Kegiatan desiminasi dan publikasi tentang penggunaan Google Drive ini merupakan langkah maju dalam modernisasi administrasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Dengan dukungan dari semua pihak yang terlibat, diharapkan bahwa implementasi sistem ini akan berjalan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi pengelolaan tunjangan profesi guru agama Islam.

Diharapkan, kegiatan ini menjadi momentum untuk lebih banyak inisiatif digitalisasi lainnya di masa depan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja di seluruh sektor administrasi pendidikan dan keagamaan di Kabupaten Padang Lawas.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
Heri Hidayat, S.Sos