Berita

Manasik Haji Akbar 1444H/2023M, Kakan Kemenag Padang Lawas: Padang Lawas Kloter 11 Jamaah 360 Orang

Rabu, 24 Mei 2023 18:08 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Pembukaan pelaksanaan manasik haji akbar jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas tahun 1444H/2023M dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Padang Lawas, Komplek SKPD Terpadu Sigala gala, Selasa (23/05)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, MA. diwakili Kasi PHU H. Abaror, S.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya manasik akbar bagi para jamaah calon haji ini adalah sebagai wujud dari miniatur pelaksanaan ibadah haji dan merupakan manasik haji terakhir sebelum jamaah calon haji berangkat ke  Asrama Haji  Medan pada 01 Juni 2023 mendatang,” ujarnya.

Selain itu, (sambungnya) telah dilaksanakan pembinaan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) yang terdiri dari 8 Karom dan 32 Ketua Regu (Karu).”

“Untuk jumlah jamaah haji Kabupaten Padang Lawas secara keseluruhan sebanyak 403 orang, terdiri dari jamaah haji regular dan cadangan. Jamaah haji laki-laki terdiri dari 160 orang dan jamaah haji perempuan sebanyak 243 orang. Petugas TPHD sebanyak 8 orang, yaitu Ketua Kloter 1 orang, Pembimbing Ibadah 1 orang, TKHI 3 orang (1 Orang Dokter dan 2 Orang Perawat), dan 3 orang PHD.” Lanjutnya.

Untuk jadwal keberangkatan, Jamaah Calon Haji Kabupaten Padang Lawas mendapat urutan kloter 11 yaitu pada tanggal 01 Juni 2023, dengan jumlah jamaah 352 orang ditambah dengan petugas TPHD 8 orang. Sehingga total keseluruhan 360 orang. Sementara bagi Jamaah Haji lainnya sebanyak 51 orang cadangan menunggu jadwal berikutnya dan akan bergabung dengan kloter Kab/Kota yang lain. Seluruh jamaah haji kloter 11 harus tiba di Asrama Haji Medan pada tanggal 02 Juni 2023, pukul 15:00 Wib. Kemudian berangkat dari Bandara Kualanamu Medan ke tanah suci pada tanggal 03 Juni 2023, Pukul 15:30 dengan nomor penerbangan GIA 3111.

Adapun jamaah tertua berusia 92 tahun atas nama Tiorun Hasibuan dari Kecamatan Lubuk Barumun dan termuda berusia 22 tahun atas nama Lely Khairani Lubis dari Kecamatan Hutaraja Tinggi

Terakhir, melalui Kasi PHU, Kakan Kemenag Padang Lawas menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranyan manasik haji Akbar ini, “Alhamdulillah, saya atas nama pribadi dan Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, para pembimbing jamaah calon haji dan seluruh jamaah calon haji mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt. Bupati dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas atas terlenggaranya Manasik Akbar Jamaah Calon Haji Kabupaten Padang Lawas Tahun 1444H/2023M.

Hadir dalam kesempatan ini Sekda Kab. Padang Lawas Arpan Nasution, S.Sos, Ketua MUI Padang Lawas, H. Ismail Nasution, Lc. M.Th.I. Para Asisten, Pimpinan OPD, Ketua Baznas Padang Lawas, Camat se-Kabupaten Padang Lawas, para pembimbing manasik haji dan seluruh jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas.

Editor:
Dini Ramadhani, S>M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd