Berita

Kemenag Padang Lawas Lakukan Kegiatan Seleksi Penyuluh Agama Islam Award

Rabu, 12 Juli 2023 12:16 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Bertempat di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawas dilaksanakan kegiatan Seleksi Penyuluh Agama Islam Award PNS dan Non PNS Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas,

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor H. Abdul Manan, M.A. Selasa, (11/07/2023). Kegiatan diikuti oleh para Penyuluh Agama Islam yang merupakan perwakilan dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Lawas.

“Sebelumnya penyelenggaraan Award ini lebih dikenal dengan nama Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan dimana terlebih dahulu dilakukan penyaringan melalui tingkat kecamatan kemudian dilanjutkan ke tingkat Kabupaten/Kota dan yang terpilih nantinya satu orang penyuluh yang akan dikirim ke tingkat provinsi menjadi perwakilan dari Kabupaten Padang Lawas,” demikian ungkap Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I sebagai Kasubbag Tata Usaha sekaligus Plt. Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Padang Lawas, dalam laporannya.

Ditambahkan oleh Ahmad Saidi Hasibuan, bahwa setelah nanti terpilihnya satu orang perwakilan ke tingkat provinsi, selanjutnya akan didampingi oleh tim pendampingan untuk membantu apa apa yang harus dipersiapkan, baik itu, kompetensi, administrasi, karya tulis, portofolio dan sebagainya yang dibutuhkan.

Dalam arahan bimbingannya, H. Abdul Manan, M.A menyampaikan, bahwa Kehadiran sosok seorang Penyuluh Agama sangat ditunggu dan dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan bimbingan, penyuluhan dan penerangan tentang agama dan tentu harus ada metodenya masing-masing.

“Maka untuk itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dari Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS di Lingkungan Kementerian Agama. Kegiatan ini juga dapat menjadi barometer bagi Penyuluh Agama Islam yang lain,” tutur H. Abdul Manan.

“oleh karena itu, sekali lagi ditegaskan kegiatan ini bukan diukur dari berapa besar atau banyak materi yang akan didapatkan setelah mengikuti kegiatan, tetapi intinya adalah upaya dalam meningkatkan kualitas kinerja penyuluh sehingga apa apa yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan arahan dan peraturan perundangan yang berlaku,” ujarnya lebih jauh.

Kontestan atau peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini berjumlah 13 orang Penyuluh Agama Islam PNS/Non PNS utusan 10 KUA Kecamatan se-Kabupaten Padang Lawas.

Adapun sebagai dewan hakim/juri dalam kontestan ini yaitu Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAI-BR), Al-Ustadz H. Ismail Nasution, Lc. M.Th.I. yang juga merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas.

“Selain portofolionya harus kuat, materi yang ditampilkannya juga harus menarik, seorang penyuluh harus kreatif dan inovatif hingga mampu menampilkan sesuatu yang unik, menarik yang selama ini luput dari perhatian namun sebetulnya merupakan bagian dari peran seorang Penyuluh Agama untuk berdakwah,” pungkas H. Ismail Nasution sebelum para peserta memulai persentasenya.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan sukses.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd