Berita

Kemenag Padang Lawas Gelar Rapat Evaluasi Zona Integritas

Jumat, 13 September 2024 16:15 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)-- Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas mengadakan rapat evaluasi Zona Integritas (ZI) yang bertempat di Aula Astaka Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Kegiatan ini dihadiri oleh tim pencanangan zona integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, menunjukkan komitmen lembaga dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang efektif dan efisien, Jum,at (13/09).

Rapat evaluasi ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Ahmad Saidi Hasibuan, M.H., yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA. Dalam sambutannya, H. Ahmad Saidi Hasibuan menekankan pentingnya pencapaian Zona Integritas bagi institusi dan pegawai.

"Apabila Zona Integritas ini tercapai sesuai dengan target, maka hal ini bisa berdampak positif terhadap peningkatan tunjangan pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN)," ujar H. Ahmad Saidi Hasibuan. Pernyataan ini menunjukkan bahwa pencapaian Zona Integritas tidak hanya bermanfaat bagi institusi secara keseluruhan, tetapi juga memiliki dampak langsung terhadap kesejahteraan pegawai.

Lebih lanjut, H. Ahmad Saidi Hasibuan menyampaikan harapannya agar seluruh dokumen pendukung atau kelengkapan berkas dapat diselesaikan sebelum batas waktu pengumpulan di akhir tahun. "Saya berharap pada akhir tahun ini, dalam waktu dekat ini, dokumen-dokumen bukti dukung atau kelengkapan berkas diharapkan selesai sebelum di-submit akhir tahun," tegasnya. Hal ini menunjukkan urgensi penyelesaian administrasi yang tepat waktu dalam proses penilaian Zona Integritas.

H. Ahmad Saidi Hasibuan juga menyampaikan optimismenya terhadap pencapaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas dalam membangun Zona Integritas. "Mudah-mudahan di tahun ini kita dapat nilai terbaik dalam membangun Zona Integritas," ucapnya penuh harap. Pernyataan ini mencerminkan semangat dan tekad seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas untuk mencapai hasil terbaik dalam penilaian Zona Integritas.

 

Rapat evaluasi ini menghasilkan beberapa poin penting, terutama terkait penyelesaian bukti dukung pada aplikasi PMZI (Penilaian Mandiri Zona Integritas) Mandiri. Target yang ditetapkan adalah meraih predikat "Sangat Baik" dalam penilaian tersebut. Hal ini menunjukkan komitmen tinggi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang berkualitas.

Pencapaian Zona Integritas sendiri merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan reformasi birokrasi di seluruh instansi pemerintah. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam konteks Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, pencapaian Zona Integritas ini akan berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan. Hal ini mencakup berbagai aspek pelayanan seperti penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, urusan agama Islam, serta bimbingan masyarakat Islam.

Selain itu, pencapaian Zona Integritas juga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Dengan tata kelola yang bersih dan pelayanan yang prima, masyarakat akan merasa lebih puas dan percaya terhadap kinerja instansi pemerintah ini. Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, tentunya diperlukan kerja keras dan koordinasi yang baik antar seluruh komponen di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Mulai dari pimpinan hingga staf pelaksana, semua harus berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan integritas tinggi, transparan, dan berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas.

Dalam prosesnya, tim pencanangan Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap tahapan dalam

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
Heri Hidayat, S.Sos