Berita

Keluarga Besar Kantor Kemenag Padang Lawas Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban 1444 H/2023M

Sabtu, 1 Juli 2023 06:28 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas), Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawasmelaksanakan pemotongan hewan kurban dalam rangka menegakkan syiar Islam dan mengenang peristiwa besar bulan Dzulhijjah, ketaatan Nabi Ibrahim a.s dan Ismail anaknya kepada Allah swt. penyembelihan ini dilaksanakan di Kantor Kemenag Padang Lawas, Jum’at, (30/06).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh pegawai di lingkungan Kemenag Padang Lawas yang turut serta dalam menyukseskan penyembelihan hewan qurban 1444 H/2023M.

 

Dalam arahan dan bimbingannya ia juga menyampaikan beberapa hal, yang pertama; semoga peserta yang berkurban diberikan Allah Fadilah amal yang berlipat ganda atas rasa syukur dari nikmat yang Allah berikan. Kemudian peserta yang berkurban diberikan Allah taufik dan hidayah hingga menjadi insanul kamil, karena melalui penyembelihan hewan kurban ini akan menghilangkan sifat-sifat hewaniyah pada diri seorang manusia yang berqurban dan menimbulkan sifat sifat mahmudah.

Proses penyembelihan hewan qurban berlangsung dengan khidmat dan penuh kesan, bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Adapun jumlah hewan qurban yang disembelih pada tahun ini yaitu 2 ekor lembu dan 1 ekor kambing. Hal yang paling unik untuk penyembelihan hewan qurban tahun ini seluruh pramubakti/Non PNS yang tidak bisa berkurban diwajibkan berkorban dengan membawa masing-masing orang 1 ekor ayam, disembelih di Kantor Kemenag Padang Lawas kemudian dimasak dan dikonsumsi secara bersama-sama oleh Keluarga Besar Kemenag Padang Lawas.

Mila Rosa Hasibuan, salah seorang Pramubakti/tenaga Administrasi di Bagian Keuangan Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas saat ditanya Humas, mengaku bahwa ia merasa senang dan juga sangat tergugah untuk bisa turut serta berkorban dengan seekor ayam.  Ia juga bersemangat dan akan berupaya untuk ikut serta berkurban dengan sesungguhnya pada kesempatan mendatang. Sebab ia memahami bahwa sesungguhnya perintah berkurban adalah untuk memperkuat dan mempertebal ketaqwaan kepada Allah, semata-mata mencari ridha Allah Swt.

Seluruh prosesi dan rangkaian acara penyembelihan berjalan dengan baik dan lancar. Sebagai penyembelih hewan qurban pada kesempatan ini yaitu al-ustadz Fauzan Hamidi Hasibuan, S.Pd., S.Th.I. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ja'fariyah Hutaibus sekaligus juga merupakan Ketua Badan Silaturrahim Padang Lawas (BSPPL). Hadir Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I, seluruh pejabat struktural dan fungsional Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd