Berita

Kasubbag Tata Usaha KanKemenag Padang Lawas Pimpin Do’a Pada Upacara Hardiknas 2023

Rabu, 3 Mei 2023 00:59 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A., diwakili Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I., memimpin pembacaan do’a pada upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas, Jalan Komplek SKPD Terpadu, Sigala-gala. Selasa (02/05).

Dalam do’anya Ahmad Saidi Hasibuan menyampaikan agar kegiatan Peringatan Hardinas ini membawa manfaat bagi kemajuan pendidikan saat ini hingga dimasa mendatang. Ia juga mendoakan agar para pemimpin-pemimpin pendidikan dapat diberikan petunjuk dan jalan kebenaran sehingga dapat menjadi ingngarso sung tulodo (menjadi teladan saat berada di depan), bersikap ing madya mangunkarso (dapat memberi ilham dan inspirasi saat berada di tengah), dan menjadi tutwuri handayani (memberi dorongan saat berada di belakang).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Sekretaris Daerah Arpan Nasution, S.Sos., sekaligus membacakan Isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Beliau mengungkapkan bahwa Hardiknas tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam pidato Hardiknas menyebut bahwa gerakan Merdeka Belajar menjadi sejarah baru dalam pendidikan di Indonesia. Menurutnya, gerakan tersebut dinilai mampu membawa perubahan besar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia selama tiga tahun terakhir.

Hingga saat ini, Kemendikbudristek pun telah mengumumkan sebanyak 24 episode Merdeka Belajar. “24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat”.

Selain itu, saat ini anak-anak dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Sementara dulu kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya kini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. "Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,".

Kemudian dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Upacara Hardiknas tahun 2023 di Kabupaten Padang Lawas tersebut berlangsung dengan khidmat dan tertib. Upacara dimulai pukul 09.00 wib, yang diikuti oleh unsur Forkopimda, pimpinan SKPD, para Pegawai Negeri Sipil perwakilan SKPD, Anggota PGRI, serta perwakilan siswa/siswi se-Kab. Padang Lawas.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd