Berita

Kantor Kementerian Agama Laksanakan Bimbingan Manasik Haji Terpadu di Tingkat Kecamatan

Senin, 22 April 2024 18:59 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas melaksanakan kegiatan bimbingan manasik haji terpadu untuk tingkat kecamatan  yaitu Jona Eks Barumun di Aula PLHUT Kemenag Padang Lawas Senin, (22/04). Kegiatan ini diikuti oleh 123 orang jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2024 terdiri dari Kecamatan Barumun berjumlah 85 orang, Kecamatan Lubuk Barumun 10 orang, Kecamatan ULu Barumun 8 Orang, Kecamatan Sosopan 14 Orang dan kecamatan Barumun Selatan 6 Orang . Bimbingan manasik haji terpadu ini dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 22 s/d 25 April 2024.

Kegiatan bimbingan manasik haji terpadu ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada jemaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam dan peraturan yang berlaku. Dalam kegiatan ini, jemaah haji akan mendapatkan materi tentang fiqih haji, manasik haji, kesehatan haji, dan lain sebagainya.

Dalama acara tersebut diikuti oleh Ka. Kankemenag Padang Lawas, Abdul Manan, MA,  Kasubbaag Tata Usaha, Ksi dan Penyelenggara Haji dan Umroh,  Kepala KUA Eks Barumun. Acara tersebut Lansung dibuka oleh Ka. Kankemenag Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA, sekaligus memberikan Bimbingan dan Arahan kepada Jama’ah Haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa bimbingan manasik haji terpadu ini sangat penting bagi jemaah haji. Dengan mengikuti bimbingan ini, jemaah haji diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan mabrur, yaitu diterima oleh Allah SWT.

“Bimbingan manasik haji ini sangat penting bagi jemaah haji. Dengan mengikuti bimbingan ini, jemaah haji diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan mabrur,  dan saya juga menyoroti tentang kesehaatan Jama’ah yang mana hal ini penting untuk menjaga keselamatan Jama’ah.” ujar Abdul Manan.

Pemateri kali ini di bawakan oleh oleh H. Umar Soleh Hasibuan, S.Ag, “Perjalanan Arafah, Musdalifah, Mina (armusna), sekaligus penutupan Do’a.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
Heri Hidayat, S.Sos