Berita

KanKemenag Padang Lawas Selenggarakan Deklarasi Damai Umat Beragama

Minggu, 15 Januari 2023 09:50 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kantor Kementerian Agama Kota Padang Lawas menggelar Deklarasi Damai Umat Beragama bersama tokoh lintas agama, pemuda lintas agama, ormas keagamaan dan ASN Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Kegiatan ini di laksanakan di halaman MTsN 1 Padang Lawas, Sabtu (14/01).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. menyampaikan bahwa Deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen dari semua pihak yang ada di Kabupaten Padang Lawas untuk senantiasa menjaga kerukunan, baik kerukunan antar umat beragama, kerukunan intern agama, maupun kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.

“Deklarasi ini dilakukan karena disadari atau tidak, bahwa kerukunan adalah menjadi modal penting bagi pembangunan suatu bangsa dan negara tidak terkecuali bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kerukunan mesti dijaga dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kerukunan umat beragama, juga komitmen menghindari hoaks dan tindakan intoleransi.” Jelas Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Sebagaimana tema HAB ke-77 Kementerian Agama yaitu “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Untuk itu, diharapkan kerukunan di Kabupaten Padang Lawas yang selama ini sudah terbina dengan baik bisa tetap dipertahankan dan kita tingkatkan lagi.” Pungkas Kakan Kemenag Padang Lawas.

Berikut isi deklarasi damai umat beragama yang disepakati oleh para tokoh lintas agama, pemuda lintas agama dan ASN Kementerian Agama :

  1. Memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia;
  2. Mengukuhkan Gerakan Moderasi Beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis;
  3. Menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik; dan
  4. Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadat sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yang tertuang dalam Undang-Undang.

Kegiatan ini juga ditandai dengan penandatanganan deklarasi damai umat beragama oleh Kasubbag Tata Usaha KanKemenag Padang Lawas, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I. Sekretaris FKUB Padang Lawas, Irham Habibi Harahap, M.Pd. MUI Kabupaten Padang Lawas, Drs. H. M. Rohyan M. Pd. Ketua PCNU Padang Lawas, Drs. H. Syafaruddin, M.A., dan Tokoh Agama Kristen, Gotprit Pakpahan S.Th.

Sementara itu, Plt. Bupati Padang Lawas yang diwakili Sekretaris Daerah, Arpan Nasution, S.Sos mengatakan mendukung penuh kegiatan tersebut dan berharap apa yang sudah dideklarasikan bisa diimplementasikan, Khususnya dalam menghadapi polarisasi politik di Kabupaten Padang Lawas. “Semoga Masyarakat Kabupaten Padang Lawas tetap rukun, damai, dan harmonis,” tutup Arpan Nasution, S.Sos.

Deklarasi ini dilakukan usai senam sehat bersama dan sebelum pelepasan peserta jalan sehat kerukunan. Hadir dalam deklarasi tersebut unsur forkopimda yang terdiri dari Kapolres Padang Lawas, Kejari, Pabung 0212/Tapsel dan seluruh ASN dan Non ASN peserta jalan sehat kerukunan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. 

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd