Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Narasumber Pada Matsama MAN 1 Padang Lawas Plus Keterampilan Dan Riset

Rabu, 19 Juli 2023 22:37 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A menjadi narasumber pada kegiatan Masa Ta’aruf Madrasah (Matsama) Madrasah Aliyah Neferi (MAN) 1 Padang Lawas Plus Keterampilan dan Riset Tahun Pelajaran 2023/2024, Selasa (18/07).

Matsama adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru, baik pengenalan tenaga pendidik, kependidikan, sarana dan prasarana, kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah/madrasah maupun pengenalan sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya di lingkungan madrasah.

Pada hari kedua pelaksanaan Matsama ini, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A memamparkan materi tentang “Moderasi Beragama”.

Dalam paparannya H. Abdul Manan, mengungkapkan bahwa moderasi beragama merupakan pondasi bagi kerukunan umat beragama. Beragama hendaklah kita lakukan secara moderat atau seimbang, sehingga tidak menjadi orang yang radikal juga bukan liberal,” kata Kakan Kemenag

Lebih lanjut H. Abdul Manan menjelaskan bahwa moderasi beragama merupakan cara pandang sikap dan praktik beragama dengan sebaik-baiknya tetapi memberikan kesempatan dan ruang lingkup bagi orang lain untuk melaksanakan ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya.

“Dengan beragama secara moderat nanti diharapkan bisa tercipta kerukunan umat beragama. Tidak hanya antar agama tapi juga intern atau seagama,” ucapnya

Ada 4 indikator moderasi beragama yang disampaikan Kakan Kemenag Padang Lawas, yaitu : 1. Komitmen Kebangsaan, 2. Memiliki sikap toleransi, 3. Menerima kearifan lokal, dan ke- 4. Anti kekerasan.

Moderasi beragama ini merupakan hal yang penting untuk dipahami bersama terutama dalam kehidupan sehari-hari karena dengan Moderasi Beragama kita dapat memiliki toleransi terhadap perbedaan pendapat dalam praktik beragama serta dapat menumbukan rasa tenggang rasa untuk saling menghargai antar sesama umat beragama,” terangnya.

Pesan penting dari Kakan Kemenag Padang Lawas, khusus untuk para peserta Matsama MAN 1 Padang Lawas ialah, menjalankan ajaran agama dengan sebaik-baiknya, memiliki rasa toleransi, saling menghargai perbedaan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan serta menjadi masyarakat yang hidup dalam kedamaian dan ketentraman yang dapat membawa keberkahan.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Padang Lawas, Hj. Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kakan Kemenag Padang Lawas atas materi yang telah disampaikan.

“Pelaksanaan Matsama dapat memberikan hikmah besar bagi seluruh siswa khususnya siswa baru, paling tidak ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari kegitan ini, yaitu menumbuhkan akhlak mulia di antara siswa MAN 1 Padang Lawas untuk saling mengenal dengan baik, saling mengingatkan agar melakukan perbuatan baik, dan juga merupakan sarana bagi siswa baru untuk meningkatkan kemampuan prestasi belajar, karena selama Matsama mereka juga diajarkan kemampuan dalam mempelajari ilmu pengetahuan,” tegasnya

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd