Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Ikuti Zoom Meeting Rakor Akselerasi Program Prioritas Kemenag

Kamis, 4 Mei 2023 23:11 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Dalam rangka akselerasi program prioritas, Kementerian Agama (Kemenag) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A. bersama Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I dan para Kepala Seksi mengikuti kegiatan rakor tersebut melalui platform Zoom Meeting. Kamis. (04/05), di Ruang Rapat Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) KanKemenag Kab. Padang Lawas.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri Agama RI Zainut Taubid Sa'adi, Sekjen Kemenag RI, seluruh Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, dan Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia baik secara luring maupun daring.

Dalam sambutannya, Menag meminta pada seluruh jajaran untuk melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholder) dan memberikan respon cepat atas keluhan masyarakat. Menag menginginkan agar seluruh program harus dirasakan manfaatnya bukan hanya formalitas.

H. Abdul Manan, M.A. menyampaikan bahwa dalam zoom meeting tersebut, dibahas tujuh program prioritas Kemenag yang telah disepakati pada Rakernas Kemenag yang digelar Februari 2023 lalu. Tujuh program prioritas tersebut, yaitu: Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi digital, tahun toleransi beragama, revitalisasi KUA, Religiosity index, Kemandirian Pesantren dan Cyber Islamic University.”

Ia juga menyampaikan keprihatinan Menag terkait Moderasi Beragama, “Menag mengatakan program prioritas Penguatan Moderasi Beragama (MB) saat ini belum terasa menggigit, belum terasa di sosial media. Isu-isu MB, di tahun politik sekarang ini seharusnya semakin mengencang. Bukan mengendur” begitulah yang dikatakan Menag.

Selanjutnya hal yang dibahas dalam Zoom Meeting adalah Program Revitalisasi KUA. Menag mengevaluasi sejak program ini dilaunching, masih banyak KUA jauh dari yang diharapkan, lantas Menag menegaskan untuk kita jangan terjebak dengan rutinitas belaka. Cepat respon keluhan masyarakat.

“Pembahasan lain dalam Rakor adalah program Kemandirian Pesantren, Layanan Digital, program Cyber Islamic University dan terakhir tentang isu sertifikasi halal dan haji.” Ujar Kakan Kemenag Padang Lawas saat dimintai keterangan oleh pihak humas.”

Rapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd