Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Ikuti Peringatan Isra Miraj Di MIN Sihaborgoan Dalan

Jumat, 17 Pebruari 2023 07:00 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Peringatan Isra Mi’raj dan doa bersama merupakan momen penting bagi umat islam untuk instropeksi diri serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini mengingat peristiwa ini menjadi awal diberikannya perintah ibadah “Shalat” bagi umat islam melalui Rasulullah SAW. Peristiwa besar ini menjadi momen bersejarah yang diperingati oleh kaum muslim seluruh dunia sebagai bagian dari refleksi diri akan perintah Allah SWT.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A., mengikuti peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh MIN Sihaborgoan Dalan, Kamis (16/02). Bertempat di Halaman MIN Sihaborgoan Dalan, lokasi dua, Desa Utterudang, Kecamatan Barumun Tengah. Acara peringatan ini dilaksanakan dengan pembacaan al-barzanji, tausiah keagamaan, dan penampilan siswa-siswi MIN Sihaborgoan Dalan, Desa Utterudang.

Dalam arahan bimbingannya, Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. mengajak semua warga madrasah MIN Sihaborgoan Dalan, Orangtua Siswa/I dan Masyarakat untuk bersinergi bersama mendukung segala program yang ada di Madrasah kepada para peserta didik baik berupa teori-teori dari ilmu pengetahuan agama yang diberikan maupun  dalam praktik ibadah, sehingga akan menjadi bekal hidup meraih kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nantinya.

“Selain untuk menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, semoga pertemuan ini juga membawa berkah serta memperkuat silaturrahim, di antara Kepala Madrasah dengan guru-guru, orangtua, siswa/I, para tokoh agama, masyarakat dan juga Pemerintah.” ujar Kakan Kemenag Padang Lawas.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Dafic Huseir Siregar, S.Pd.I., dalam sambutanya mengatakan melalui peringatan Isra’ Mi’raj ini diharapkan dapat memperkukuh keimanan dan rasa cinta para siswa madrasah terhadap ajaran agamanya sehingga dapat menjadi bekal untuk masa mendatang.

Tausiyah keagamaan yang dibawakan oleh al-Ustadz Muhammad Afendi Hasibuan menyejukkan suasana, sehingga semua jamaah fokus menyimak uraian hikmah dari peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Al-Ustadz Afendi Hasibuan mengawali tausiyahnya dengan mengajak para hadirin untuk bersalawat sebagai bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah menjemput perintah sholat melalui perjalanan suci dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa sampai pada Sidratul Muntaha. Dan diakhir tausiyahnya, Alustadz Muhammad Afendi Hasibuan mendoakan MIN Sihaborgoan Dalan agar semakin maju, semua guru-guru mendapat karir yang baik dan diberi kesehatan oleh Allah Swt.

Acara peringatan Isra Miraj di Madrasah tersebut berjalan dengan baik dan sukses. Beberapa penampilan dari Siswa-SIswi MIN Sihaborgoan Dalan Utterudang yaitu: Tarhfidzul Qur’an Juz 30, Praktik Sholat Fardhu, Shalat Jenazah, Pidato dan Tari. Kakan Kemenag Padang Lawas merasa bangga dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan peringatan Isra Miraj tahun 1444 H/2023 M di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sihaborgoan Dalan, Desa Utterudang.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd