Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Ikuti Apel Kasatkamling Se-Kab. Padang Lawas

Rabu, 21 Juni 2023 23:37 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A mengikuti Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di halaman Polres Padang Lawas, Rabu (21/06).

 

Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A berharap, momentum apel Sat Kamling ini dapat membangkitkan kembali semangat satuan keamanan lingkungan dalam menjaga kekondusifan dan memberikan ketertiban ditengah-tengah masyarakat.

"Dengan adanya Sat Kamling disetiap desa dan lingkungan, tentu mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, khususnya agar terhindar dari tindakan kriminal dan bisa menjaga keamanan," ucap Kakan Kemenag. 

Sementara, Plt. Bupati Padang Lawas juga menyampaikan bahwa keberadaan satkamling sangat penting untuk deteksi dini pengamanan lingkungan dari niat seseorang yang ingin melakukan tindak kejahatan atau kriminal, sehingga akan terhalang dan tidak terjadi.

"Kita ketahui bersama bahwa  mencegah itu lebih murah biayanya daripada mengobati artinya kalau sudah terjadi kriminal maka akan sibuklah polisi, jaksa dan  kantor pengadilan untuk menghadapi kriminal tersebut," tambahnya.

Ia juga mengintruksikan, seluruh camat dan lurah  untuk menindak lanjutinya dengan mensurati kepada seluruh kepala lingkungan dan kepala  desa untuk mengimbau dan agar satkamling ini kembali diaktifkan.

Pada kesempatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Padang Lawas, disebutkan, Apel yang dilaksanakan itu merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling. Sehingga dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa. Khususnya dalam rangka menghadapi Pemilu serentak tahun 2024.

“Kehadiran Satkamling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang Prediktif,kata AKBP Indra Yanitra Irawan.

Apel pagi Kasatkamling berjalan dengan baik dan sukses.  Hadir Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, SH, MH, Asisten I Panguhum Nasution S. Sos, M.Ap, Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan, Elizama Gori, SH diwakili Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga, SH, Pimpinan OPD, Lurah Pasar Sibuhuan, serta perwakilan Kepala Desa.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd