Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Hadiri Penyaluran Zakat Oleh Baznas Kab. Padang Lawas

Senin, 2 Januari 2023 13:46 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. diwakili Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I Menghadiri acara penyaluran zakat kepada 50 orang guru pondok pesantren dan biaya pendidikan kepada 450 orang santri yang kurang mampu oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Lawas, Sabtu (31/12).

 

“Penyaluran zakat berlangsung di Plataran Kantor Baznas Palas, jalan Kihajar Dewantara, Sibuhuan, Kecamatan Barumun. Santri penerima zakat untuk tingkat MTs ( Madrasah Tsanawiyah) sebanyak 250 orang dan Aliyah sebanyak 200 orang," terang Ketua Baznas H. Paraduan Tanjung.

 

Kasubbag TU Ahmad Saidi Hasibuan, dalam sambutanya mengatakan bahwa Kementerian Agama menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan penyaluran zakat oleh Baznas Padang Lawas. Sebab kegiatan tersebut mencerminkan sikap saling peduli terhadap sesame khususnya dalam pendidikan dan para pejuang agama Allah.

Terakhir, Ahmad Saidi berharap kedepan akan lahir suatu piloting kampung zakat di Kabupaten Padang Lawas untuk lebih mensyiarkan bahwa zakat itu adalah kewajiaban bagi setiap orang muslim yang mampu dan sangat bermanfaat untuk hablum minannas.

Sementara itu, Plt. Bupati Padang Lawas yang diwakili oleh Asisten 3 Drs. H. Amir Shaleh Nasution mengungkapkan, kehadiran dan peran Baznas sangatlah dibutuhkan dalam pembangunan di Kabupaten Padang Lawas khususnya mewujudkan Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat Sejahtera dan Berbudaya (BERCAHAYA).

Sebelumnya, H. Paraduan Tanjung menyampaikan bahwa ia berharap bantuan zakat yang diserahkan pihaknya pada acara tersebut bisa bermanfaat bagi masing - masing penerima.

"Kiranya bantuan ini dapat meningkatkan motivasi anak - anak kami santri untuk lebih bergiat belajar. Dan menjadi pendorong bagi para guru dalam mendidik anak - anak kita semua, hingga menjadi santri berperestasi kebanggaan seluruh waga masyarakat Kabupate Padang Lawas kedepan, amin".ujarnya.

Selain itu, Ketua Badan Silaturrahim Pesantren se-Palas (BSPPL) H. Pauzan Hamidy Hasibuan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penyeluran zakat yang digelar Baznas Palas itu. Ia berharap, kegiatan penyaluran zakat yang sama dapat dilanjutkan di tahun mendatang.

"Kiranya kegiatan positif seperti ini juga dapat menjadi atensi bersama, bagi kita semua warga Palas, untuk mempercayakan zakat, baik zakat penghasilan dan lainnya terhadap Bazas Palas kedepan,"tutur H. Pauzan disela acara tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati Padang Lawas diwakili oleh Asisten 3 Drs. H. Amir Shaleh Nasution, Kabag Kesra Musa Irwan Hasibuan, Kasubbag Tata Usaha KanKemenag Padang Lawas, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I. Ketua BSPPL H. Pauzan Hamidi Hasibuan, S.Pd.I. Ketua Baznas Padang Lawas Drs. H. Paraduan Tanjung, serta para pengurus Basnzas dan para undangan lainnya.

Kontributor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd