Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Hadiri Khataman al-Qur’an dan Penamatan Siswa MTsN 2 Padang Lawas

Jumat, 26 Mei 2023 08:38 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. menghadiri acara khataman al-qur’an dan perpisahan penamatan siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Lawas, Rabu (25/05). Tahun ini, MTsN 2 Padang Lawas menamatkan siswa sebanyak 98 orang.

Dalam sambutannya, H. Abdul Manan memberi ucapan selamat kepada seluruh peserta didik yang akan tamat tahun ini di MTsN 2 Padang Lawas, serta ucapan terima kasih kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang secara bersama-sama telah berupaya memberikan didikan dan pengajaran kepada anak-anak bangsa di MTsN 2 Padang Lawas.

“Pertama, saya merasa bangga dan berbahagia bahwa dalam rangkaian acara yang kita laksanakan ini sudah menggambarkan semua kebersamaan yang dibangun oleh Madrasah. Untuk membangun Madrasah ini agar lebih baik lagi kedepan partisipasi itu penting walau kecil tapi itu sangat dibutuhkan.” Ungkap Kakan Kemenag.

“Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat, orang tua siswa, komite, dsb untuk terlibat aktif dalam membangun dan mengembangkan pendidikan di madrasah ini. Maju dan mundurnya madrasah ini tergantung pada peran serta masyarakat yang ada di sekitar Madrasah ini. Karenanya, saya berpesan bagi alumni MTsN 2 Padang Lawas agar tetap menjaga nama baik Madrasah ini dan menjadikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebagai madrasah lanjutan untuk pendidikannya.”

“Terakhir, ingin saya sampaikan bahwa saya tidak bisa menjamin pendidikan anak-anak bapak dan ibu yang bisa mengantarkan dia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat selain pendidikan di Madrasah.” Tegas Kakan Kemenag.

Sebagai wujud rasa bangga dan bahagia, Kakan Kemenag Padang Lawas memberikan hadiah berupa satu set sepatu sekolah bagi 40 orang pendaftar pertama siswa/i MTsN 2 Padang Lawas ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Lawas tahun ini.

Sementara, Kepala MTsN 2 Padang Lawas dalam kesempatannya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran kakan Kemenag Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA., beserta rombongan dan seluruh tamu undangan lainnya.

Perpisahan itu dilaksanakan di halaman MTsN 2 Padang Lawas, Marenu. Tampak pada wajah para siswa yang akan menamatkan pendidikannya rasa sedih, haru dan bahagia karena harus berpisah dengan para guru tercinta, guru yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan memberikan ilmu akhlakul karimah kepadanya, begitu juga teman-teman sejawat dan seluruh adik-adiknya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, ada seuatu momen yang sangat mengharukan dan membuat para hadirin terbawa suasana. Dimana seluruh siswa yang akan tamat diberi kesempatan untuk mengingat dan mengenang kembali setiap perjuangan dan pengorbanan orang tua untuk menyekolahkannya hingga selesai di tingkat Tsanawiyah.

Masing-masing peserta didik diminta untuk berdiri memeluk kedua orangtuanya dan menyadari betapa besarnya kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya. Hingga air mata seluruh hadirin pecah menghampiri pipi ketika melihat para peserta didik yang memeluk orang tuanya seraya membisikkan ucapan terima kasih yang amat mendalam karena telah berjuang dan bersusah payah untuk selalu memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Dilanjutkan para orang tua yang memberi restu kepada anaknya tersayang.

Inilah beberapa rangkain kegiatan yang penuh haru dalam resepsi penamatan siswa kelas IX MTsN 2 Padang Lawas. Para siswa juga tidak lupa memberikan pelukan hangat dan ucapan terima kasih atas jasa-jasa para guru yang telah mendidiknya selama menimba ilmu di MTsN 2 Padang Lawas.

Hadir dalam kesempatan ini Pengawas Madrasah, Drs. Dahlan Daulay, Kepala MAN 3 Padang Lawas, Nuraini, S.Pd, Kepala MIN Aek Nabara, Dra. Hotmaria, Kepala MIN Rura Burangir, Nurleli Harahap, S.Pd. dan tamu undangan lainnya.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd