Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Gelar Rakor Penguatan Hasil Rakernas Kemenag RI Tahun 2023

Jumat, 10 Pebruari 2023 09:22 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A., menggelar rapat koordinasi penguatan hasil Rakernas Kemenag RI Tahun 2023, di Cafe Syariah KanKemenag Kab. Padang Lawas. Kamis (09/02).

Rakor yang dipimpin oleh Kasubbag Tata Usaha, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I., dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah, dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Padang Lawas.

Dalam arahan bimbingannya, H. Abdul Manan, M.A., menyampaikan beberapa hal, pertama bahwa ada sembilan strategi kebijakan outlook Kemenag RI yang direkomendasikan dalam Rakernas Tahun 2023, yaitu Akselerasi Moderasi Beragama dalam Menangkal Potensi Politik Identitas, Advokasi Perizinan Rumah Ibadah dan Penguatan Sistem Peringatan Dini Konflik Keagamaan, Peningkatan Kompetensi dan Kesejahteraan Penyuluh Agama, dan Percepatan Sertifikasi halal.

Selanjutnya, Mempertahankan Kepuasan Layanan Penyelenggaraan Haji, Inovasi dan Optimalisasi Sertifikasi Tanah Wakaf dan Pengawasan Dana Sosial, Peningkatan Profesionalisme ASN Kemenag, Akselerasi Regulasi Layanan Keagamaan, serta Transformasi Kelembagaan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Alih Status dan Kemandirian Lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan.

“Sembilan strategi kebijakan itu telah resmi menjadi keputusan Rakernas. Kini kita harus mengawal hasil-hasil Rakernas itu dengan maksimal," tegas Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Karena sudah menjadi rekomendasi Rakernas, maka strategi kebijakan dalam outlook tahun 2023 tersebut harus menjadi pedoman bagi seluruh satker di Lingkungan Kemenag Kab. Padang Lawas, khususnya dalam layanan keagamaan, pendidikan agama dan keagamaan serta tata kelola.” lanjut Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Kita harus mewaspadai lahirnya potensi yang bisa menyebabkan disintegrasi bangsa. Kegiatan keagamaan yang seharusnya mengajak masyarakat untuk hidup damai dan penuh semangat persaudaraan, bisa saja disusupi agenda politik yang penuh agitasi dan propaganda yang dapat memecah belah masyarakat. Saudara para Kepala KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama Islam  harus bisa mengawasi dan mengantisipasi hal tersebut dengan sebaik mungkin.” Harap Kakan Kemenag Padang Lawas.

Terakhir, Kakan Kemenag Padang Lawas meminta kerjasama dari seluruh pejabat struktural dan fungsional untuk bersama-sama mendukung dan mengimplementasikan strategi-strategi kebijakan outlook Kemenag RI sebagai hasil Rakernas Tahun 2023.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd