Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Buka Secara Resmi Manasik Haji Kecamatan Hutaraja Tinggi

Selasa, 16 Mei 2023 06:45 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Senin, 15 Mei 2023. Bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Desa  Sungai Korang, Kecamatan Sosa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA., membuka secara resmi pelaksanaan manasik haji Kecamatan Hutaraja Tinggi Tahun 1444 H/ 2023 M.

Kegiatan Manasik Haji tingkat Kecamatan Hutara tinggi tersebut diikuti oleh 73 orang Jamaah Calon Haji regular dan 8 orang Jamaah cadangan Calon Haji. Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu, dari tanggal 15-16 Mei 2023.

Pada pembukaan tersebut hadir bersama Kakan Kemenag Padang Lawas Camat Kecamatan Hutara Tinggi Sudaryono, S.Sos. Pembimbing Manasik Haji al-Ustadz, H. Umar Sholeh Hasibuan, S.Ag. Kepala KUA Kecamatan Hutaraja Tinggi, Johan Hasibuan, S.HI. M.Sy. dan seluruh Jamaah Calon Haji Kec. Hutaraja Tinggi.

Dalam arahan dan bimbingannya, H. Abdul Manan, MA., menjelaskan bahwa tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia untuk para jamaah calon haji. Untuk Provinsi Sumatera Utara diberikan kuota sebanyak 8.168 orang jamaah dan dari Kabupaten Padang Lawas sendiri berjumlah 375 orang jamaah.

“Pelaksanaan ibadah haji ini merupakan tugas Pemerintah. Pertama, pemerintah berkewjiban untuk melakukan pembinaan dalam hal ini dilakukan Kementerian Agama. Kedua, adalah pelayanan. Jika ada pelayanan yang kurang berkenan, mana tahu misalnya ada pegawai pemerintah yang mempersulit atau tidak serius memberikan pelayanan, maka laporkan, akan kita proses. Karena ini adalah tugas Pemerintah. Ketiga, tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan terhadap jamah haji. Mulai dari keberangkatan jamaah sampai pulangnya kembali ke tanah air tidak ada satupun yang tidak diawasi oleh pemerintah.” terang H. Abdul Manan.

“Selanjutnya tugas pemerintah adalah menyediakan pelayanan administrasi, akomodasi transportasi, akomodasi tempat, tetapi karena ini adalah perjalan besar, lintas negara dan setiap negara memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri, maka perlu adanya paspor, perlu adanya administrasi, dsb.”

Terakhir H. Abdul Manan berpesan bagi semua jamaah calon haji untuk tetap memelihara kesehatan, menajaga pola makan dan istirahat yang cukup serta fokus untuk menyatukan hati dan pikiran memenuhi panggilan Allah Swt dalam menunaikan ibadah haji.

Pembukaan Kegiatan manasik haji ini ditandai dengan pembacaan Talbiyah secara bersama-sama, dipimpin oleh Kakan Kemenag H. Abdul Manan, MA., dan diisi dengan pembinaan ibadah haji oleh al-Ustadz H. Umar Sholeh Hasibuan dan H. Syafaruddin Hasibuan, M.A. Pembinaan ibadah yang maksud adalah mengupas tuntas amalan-amalan ibadah bagi para jamaah calon haji yang akan menunaikan ibadah haji selama di Kota Makkah dan Madinah. Sehingga nantinya dapat menjadi haji yang mabrur, in syaa Allah.

Kegiatan pembukaan manasik haji kecamatan Hutarja Tinggi berjalan dengan baik dan lancar.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd