Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Buka Matsama MTsN 1 Padang Lawas 2023

Rabu, 19 Juli 2023 00:46 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Upacara Penghormatan Pembukaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTsN 1 Padang Lawas dilaksanakan dengan khidmat. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A membuka secara resmi Matsama 2023 di MTsN 1 Padang Lawas, Selasa, (18/07).

Pembukaan ini ditandai dengan pemberian tanda pengenal kepada perwakilan peserta matsama. Tampak hadir dalam pembukaan tersebut, Kepala MTsN 1 Padang Lawas, Hj. Mahyarni Junida, M. Ag, Kaur TU, H. Mukhlis Siregar, SE, para WKM, Pembina OSIM, guru dan pegawai MTsN 1 Padang Lawas.

Dalam sambutannya, H. Abdul Manan mengungkapkan, bahwa madrasah pada masa sekarang semakin kompetitif dan berkembang. Madrasah telah menjadi pilihan pertama bagi orang tua dan siswa.

“Oleh karena itu anak-anakku para peserta matsama harus bangga menjadi anak madrasah, karena di madrasah bukan hanya dibekali pengetahuan imtaq saja tetapi juga dibekali dengan mata pelajaran umum lainnya.”

"Jadilah siswa yang mencerminkan anak madrasah, mari ikuti seluruh kegiatan matsama ini dengan serius dan sungguh sungguh. Perbarui niat, ikhlas untuk menuntut ilmu di madrasah ini," ujar Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A

Selain itu, H. Abdul Manan juga mengingatkan kepada para panitia agar pelaksanaan matsama tidak keluar dari juknis yang telah ditetapkan. Dia menekankan jangan sampai ada kegiatan yang mengandung kekerasan fisik maupun seksual. Di dalam Madrasah yang harus dibentuk adalah karakter siswa, disiplin, jujur, hidup bersih, integrasi, patriotisme, cinta NKRI dan berjiwa moderat," pungkasnya

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Padang Lawas, Hj. Mahyarni Junida, M.Ag menyampaikan selamat datang kepada seluruh siswa/i kelas VII sebagai peserta Matsama 2023. Ia juga mengingatkan seluruh  peserta untuk tetap mengikuti tata tertib selama kegiatan berlangsung. 

"Buktikan kepada madrasah dan kedua orang tua, bahwa ananda layak untuk menjadi siswa dan siswi MTsN 1 Padang Lawas. Diterima disini, bukan hanya sekedar lulus tetapi juga karena potensi yang ananda miliki. Jangan kecewakan keluarga dan diri sendiri," katanya.

Kepala MTsN 1 Padang Lawas juga menyebutkan, bahwa siswa/i yang diterima pada tahun pelajaran 2023/2024 ini adalah siswa/i pilihan, dari ribuan pendaftar yang lulus hanya 460 siswa.

Diharapkan dengan adanya  MATSAMA ini, peserta didik baru akan lebih mudah beradaptasi dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru dan teman-teman sekelasnya. Hal ini akan memberikan dampak positif pada proses belajar dan pengembangan diri peserta didik.

Semoga MATSAMA  di MTsN 1 Padang Lawas ini dapat menjadi awal yang baik bagi semua peserta didik baru. Dengan saling menghormati, memahami, dan bekerja sama, diharapkan madrasah dapat menjadi wadah yang membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan berkualitas.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd