Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Buka Bimtek Kurikulum Merdeka Bagi MI, MTS, MA Se-Kabupaten Padang Lawas

Kamis, 9 Pebruari 2023 08:36 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A., didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Ahmad Husein Nasution, S.Pd. MM, Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Sahut Martua Lubis, S.Ag., dan Pengawas Madrasah Drs, H. Husni Effendi Pulungan membuka kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Kurikulum Merdeka bagi MI, MTS, MA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Padang Lawas, Rabu (08/02).

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal  8 s.d 9 Februari 2023  di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) KanKemenag Kabupaten Padang Lawas, diikuti oleh guru-guru Madrasah se-Kabupaten Padang Lawas.

H. Abdul Manan dalam sambutanya mengatakan, Kurikulum Merdeka muncul sebagai bentuk jawaban terhadap permasalahan pembelajaran yang disebabkan di antaranya karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan kondisi ini menyebabkan kemajuan belajar yang berkurang secara signifikan (learning loss).

“Ada beberapa kelebihan dari Kurikulum Merdeka ini, yaitu struktur pembelajaran yang fleksibel, sederhana dan mendalam. Tidak ada alasan bagi Bapak dan Ibu terhadap ada tidak adanya media pembelajaran. Karena dalam kurikulum merdeka ini akan banyak media dan alat ajar yang bisa digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.” Ujar Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Selain itu, ada juga perubahan pada Kompetensi Dasar (KD) yang  berubah menjadi Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dulu disebut dengan RPP. Pola Kurikulum merdeka proses pembelajaran berpihak pada peserta didik, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dan terdapat pemetaan potensi peserta didik di awal sebelum penyampaian materi atau dikenal dengan istilah asessmen diagnostik.” Lanjut Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A.

Terakhir, sebelum membuka kegiatan secara resmi, Kepala Kantor H. Abdul Manan, M.A., berpesan bahwa Implementasi kurikulum merdeka merupakan hal yang baru, oleh karena itu bagi seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, karena tidak semua orang mendapatkan peluang dan kesempatan yang sama.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd