Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Bersama Seluruh Jajaran Ikuti Rapat Kerja Nasional Tahun 2023

Minggu, 5 Pebruari 2023 12:07 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A., bersama Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I., dan seluruh jajaran pejabat di Lingkungan Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Kemenag RI Tahun 2023, secara virtual. Sabutu (04/02).

Rakenas ini berlangsung mulai tanggal 04 s/d 05 Februari 2023 bertempat di Platinum Surabaya dibagi menjadi beberapa sesi, mulai sesi pembukaan sampai dengan sesi penyampaian materi oleh beberapa narasumber, sesi pertama peserta akan menerima arahan kebijakan dari Bapak Menteri Agama dan sekaligus Pembukaan Rakernas 2023.

Sekretaris Jendral Kemenag RI Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag., dalam laporannya mengatakan bahwa Rakernas Kementerian Agama tahun ini sebagai salah satu bentuk akselerasi implementasi tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 tahun 2023, semakin menitikberatkan tugas dan fungsi Kementerian Agama yang sudah menjadi komitmen ASN Kemenag yaitu: 1. Kebersamaan umat dan keutuhan bangsa dapat dicapai dengan moderasi sebagai keywordnya. 2. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. 3. Kementerian Agama harus hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. 4. Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Rakernas 2023 ini ditujukan untuk mencapai 4 hal utama, yaitu: 1. Memantapkan pelaksanaan program Kementerian Agama tahun 2023; 2. Melakukan evaluasi kinerja Tahun 2022 dan mempertajam arah kebijakan Kementerian Agama 2023; 3. Meningkatkan tata kelola kepemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani; dan 4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kementerian Agama, yang diharapkan dapat menghasilkan output berupa rumusan arah kebijakan program prioritas pencapaian Visi dan Outlook 2023. Outlook merupakan pandangan, harapan, dan prediksi terhadap kemungkinan yang akan terjadi pada tahun 2023, yang tentunya berkenaan dengan persoalan keagamaan dan pendidikan agama dan keagamaan yang menjadi tugas dan mandat Kementerian Agama.

Selanjutnya arahan kebijakan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas sekaligus Pembukaan Rakernas 2023 yang mengambil tema, “Menjadikan Moderasi Beragama dalam Mengelola Keberagaman dan Kemajemukan Bangsa Menuju Indonesia Hebat”

“Saya sampaikan bahwasanya Kementerian Agama RI telah melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan indeks kepuasan 70%, tentunya ini harus kita tingkatkan untuk tahun depan, tahun depan harus lebih baik dari tahun kemarin,” ujar Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengingatkan jajarannya untuk tidak melakukan praktik korupsi dalam semua proses penyelenggaran program Kementerian Agama. “Saya minta kita semua berkomitmen untuk hilangkan praktik korupsi di Kemenag. Jangan ada fraud dalam pengadaan barang/jasa. Jangan ada praktek transaksional dalam promosi, rotasi dan mutasi jabatan,” tegas Menag.

Rakernas 2023 menghadirkan 294 peserta secara offline dari unsur pimpinan satuan kerja Kementerian Agama di tingkat pusat dan daerah yaitu: Pejabat Unit Eselon I Pusat, Staf Ahli dan Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Pejabat Unit Eselon II Pusat, Pimpinan PTKN, Kepala Kanwil Kemenag dan Pejabat eselon III dan IV Pusat. Sedangkan peserta secara daring diikuti oleh seluruh pimpinan satuan kerja dan jajarannya yang terdiri dari 514 Kankemenag Kab/Kota, 17 Balai, 10 UPT Asrama Haji, 2.334 Madrasah Negeri dan KUA Kecamatan seluruh Indonesia.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd