Berita

Kakan Kemenag Padang Lawas Bersama Plt. Bupati Padang Lawas Kembali Lepas Jamaah Calon Haji 2023

Selasa, 13 Juni 2023 10:15 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A bersama Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si, M.H kembali melepas jamaah calon haji asal Kabupaten Padang Lawas tahun 2023  menuju Asrama Haji Medan.

Prosesi acara pelepasan 52 orang jamaah calon haji bersama dua petugas haji Kabupaten Padang Lawas pada kloter 17 ini, berlangsung di Masjid Agung Al Munawwarah Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kamis (8/6) pagi.

Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A berharap kepada para petugas TPHD dan TKHD, Ustadz Muhammad Yamin Hasibuan dan Posma Ansori Hasibuan yang mendampingi JCH agar aktif dan responsif terhadap kondisi dilapangan, jika ada kendala dan masalah agar segera berkoordinasi dengan petugas lainnya untuk mengambil langkah-langkah solutif.

“Kami tekankan kepada para petugas dan pembimbing haji, agar mengutamakan tugas-tugas pelayanan kepada jamaah, karena tugas utama bapak atau saudara adalah melayani dan mendampingi jamaah haji, kalaupun bapak, dapat menunaikan ibadah haji, itu adalah bonus dan berkah karena melayani tamu Allah”. tegas Kakan Kemenag Palas.

Sementara itu, Plt. Buapti Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht. MM. M.Si. M.H menyampaikan tiga pesan penting kepada para Jamaah Calon Haji, pertama agar menjaga kesehatan, dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji. Karena menurutnya apabila sakit atau kesehatan tidak terjaga pelaksanaan ibadah akan terganggu. 

Kedua, jaga nama baik daerah,  para jamaah calon haji berkewajiban menjaga sikap, perilaku, keharmonisan dan kekompakan, juga taat aturan. Termasuk saat bepergian atau aktivitas ibadah lainnya dilaksanakan secara berkelompok tidak sendirian. Jika ada masalah segera laporkan kepada ketua keloter dan petugas yang ada, jangan mengambil tindakan sendiri yang dapat merugikan diri sendiri, bahkan dapat membuat masalah yang lebih besar.

Terakhir atau ketiga, kepada seluruh jamaah calon haji dan masyarakat Kab. Padang Lawas untuk saling mendo’akan, dan seluruh jamaah calon haji Kab. Padang Lawas yang tergabung pada kloter 17 itu bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya dan pulang ke tanah air sebagai haji dan hajjah yang mabrur.

Seluruh jamaah haji Kab. Padang Lawas Kloter 17 dilepas dan diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan oleh Plt. Bupati Padang Lawas dan Kakan Kemenag Padang Lawas diiringi dengan lantunan suara adzan. Seluruh keluarga jamaah turut serta menyaksikan dan melambaikan tangannya sebagai ungkapan selamat jalan di Halaman Mesjid Agung Al-Munawwaroh, Sibuhuan.

Hadir, Mewakili Kapolres Padang Lawas, Pabung 0212/TS, Sekda Arpan Nasution, S.Sos, Staff Ahli, Para Pimpinan OPD, Para Pembimbing Manasaik Haji, MUI Kabupaten Padang Lawas, Para Camat dan tamu undangan lainnya.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd