Berita

Kakan Kemenag Bersama Plt. Bupati Padang Lawas Lepas Keberangkatan 352 Jamaah Calon Haji 1444H/2023M

Sabtu, 3 Juni 2023 08:18 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Sebanyak 352 jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas tahun 1444 H/2023 M, dilepas dan diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, MA bersama Plt Bupati Padang Lawas drg H Ahmad zarnawi Pasaribu, C.Ht. MM M.Si. M.H, Kamis, (01/06) berlangsung di Halaman Masjid Agung al-Munawwaroh Sibuhuan.

Dalam laporannya Kakan Kemenag Padang Lawas menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas tahun 1444H/2023M sebanyak 402 orang. Dan akan diberangkatkan dalam dua kloter yaitu kloter XI dan Kloter XVII. Sebanyak 352 orang Jamaah calon haji Kab. Padang Lawas yang terdiri dari 138 jamaah laki-laki dan 214 perempuan akan diberangkatkan pada malam hari ini Kamis, 01 Juni 2023 sebagai kloter XI. Sementara 50 orang jamaah calon haji lainya akan tergabung dalam kloter 17 bersama dengan jamaah calon haji Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai, pada tanggal 06 Juni 2023.

Dari 352 orang jamaah calon haji asal Kabupaten Padang Lawas yang tertua adalah Ibunda Tionun dengan usia 92 tahun dari Desa Hutaibus Kecamatan Lubuk Barumun dan jamaah yang termuda adalah adinda Leli Khairani Lubis dengan usia 22 tahun alamat Plasmen PTPN IV Sosa Kecamatan Hutaraja Tinggi. Disamping itu, untuk petugas Kloter sebagai Ketua yaitu H. Ahmad Kamaluddin Daulay, M.A. sebagai pembimbing haji (TPIHI) al-Ustadz H. Umar Shaleh Hsb, S.Ag. TKHI sebanyak tiga orang dr. Indra Sari Srg, Mely Ramadhona, S.Kep. Sahidah Zamzam Harahap. Selanjutnya didampingi oleh tuan guru kita Dr. Zikmal Fuad, M.A beserta istri beliau Ridha Amalia dan dari Provinsi yaitu Fadhli Sudiro.

Seluruh jamaah haji Padang Lawas akan memasuki Asrama Haji Medan pada hari jum’at tanggal 02/06/2023 pukul 15:00 WIB dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Mahmud di Jeddah Madinah pada hari Sabtu (03/06/2023) dengan pesawat Garuda Indonesia Airwess nomor penerbangan GIA 3111 pada pukul 19:15 WIB dan in syaa Allah jamaah haji akan kembali dari Jeddah Madinah menuju Sumatera Utara pada tanggal 15 Juli 2023 pukul 07.10 WIB.

“Teriring do’a dan restu kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas. Tetap semangat, jaga kesehatan, jaga kekompakan serta jangan ragu dan bimbang. Semoga bapak dan ibu seluruh jamaah haji kabupaten Padang Lawas pulang ke tanah air dengan membawa predikat haji dan hajjah yang mabrur.” Tutup Kakan Kemenag Padang Lawas

Sementara itu, Plt Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si, M.H, mengatakan, "Satukan niat dalam melaksanakan rangkaian ibadah rukun Islam yang kelima tersebut. “Saya juga berharap kepada seluruh jamaah selama di tanah suci nantinya untuk dapat menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya Sumatera Utara dan Kabupaten Padang Lawas,” ujarnya.

Plt. Bupati Padang Lawas juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas yang telah memfasilitasi seluruh jamaah calon haji Kab. Padang Lawas, mulai dari administrasinya, paspor sampai kepada manasik haji. Hingga saat ini akan diberangkatkan ke Asrama Haji Medan dan dari Asrama Haji Medan menuju Jeddah Madinah. Tak lupa ucapan terimakasih juga disampaikan kepada para pembimbing haji yang telah membimbing seluruh jamaah calon haji Kabupaten Padang Lawas untuk manasik haji.

“Terakhir, kepada petugas haji, kami titipkan sebanyak 352 orang jamaah calon haji Padang Lawas, agar diperhatikan, dibimbing khususnya dalam melaksanakan ibadah selama di tanah suci nantinya.”

Acara pelepasan ini dihadiri oleh Sekda Arpan Nasution, unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala Kantor Kementerian Agama Padang Lawas H.Abdul Manan MA, Ketua MUI H.Ismail Nasution LC, para pimpinan OPD, para Camat, OKP, ORMAS, Insan Pers serta para Keluarga jamaah Calon haji.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd