Berita

Kakan Kemenag Berikan Pembinaan Guru Dan Pegawai MAN 1 Padang Lawas Plus Keterampilan Dan Riset

Jumat, 20 Januari 2023 15:55 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A., memberikan pembinaan kepada guru dan pegawai Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padang Lawas Plus Keterampilan Dan Riset, Kamis, (19/01). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubag TU KanKemenag Padang Lawas Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I. Kasi Penmad H. Ahmad Husein Nasution, S.Pd. MM. Pengawas Madrasah, Drs. H. Husni Effendi Pulungan, Koordinator Kepegawaian Warisatul Mukminah Siregar, S.HI., serta Koordinator Keuangan Yuli Desi Yusnita, SE.

Dalam Pembinaanya, Kakan Kemenag Padang Lawas mengungkapkan, semoga melalui kegiatan ini dapat menambah keakraban, silaturrahim sekaligus motivasi dan semangat bekerja dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing di Lingkungan KanKemenag Kab. Padang Lawas.

“Saya sangat berbahagia sekali bisa bertemu dalam agenda pembinaan yang perdana di awal tahun, untuk bisa membangun komitmen bersama dan yang kedua untuk bisa melihat adanya profil Kepala Madrasah yang baru serta beberapa komitmen yang harus dibangun di Madrasah ini supaya hari demi hari ada peningkatan.” Ujar Kakan Kemenag Padang Lawas.

“Kenapa perlu ada pembinaan sekaligus silaturrahim ini.? Pertama adalah untuk saling mengingatkan di antara kita, mungkin sudah mulai kendor semangatnya, ada banyak masalahnya sekaligus mungkin untuk bisa meningkatkan rasa jalinan persahabatan di antara kita, sehingga tidak ada satupun artinya yang merasa canggung terhadap tugas-tugas yang diemban dan dilakukan di Madrasah kita ini kedepan. Kedua adalah untuk meningkatkan kemampuan kita, ada beberapa informasi yang actual, mau atau tidak mau kita harus bisa ikuti dengan sebaik-baiknya.” Pungkasnya.

“Dalam aturan kepegawaian dan ASN, saya pikir Bapak dan Ibu harus bisa memahami bahwa PNS ini adalah kelas tertentu dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, yang diberikan oleh Negara penghasilan, uang makan, dan juga peningkatan kompetensi yaitu sertifikasi. Namun akhir-akhir ini, semua yang diberikan oleh pemerintah itu dijadikan penghasilan dan tak satupun digunakannya untuk menambah kompetensi sebagai seorang guru/PNS. Sehingga tidak ada upaya yang maksimal dari seorang ASN untuk menambah kompetensinya. Padahal, kegunaan sertifikasi/tunjangan kinerja itu adalah untuk memenuhi hal-hal yang dapat menambah kompetensi seorang ASN.” terang H. Abdul Manan.

Selanjutnya, (sambungnya) dalam bekerja ini tidak semuanya juga harus memiliki nilai uang/materi, melainkan juga harus ada nilai perasaan dan tanggung jawab yang tinggi. Terakhir, Kakan Kemenag Padang Lawas berpesan kepada guru-guru MAN 1 Padang Lawas agar bisa menjadi sosok tenaga pendidik yang disenangi oleh para peserta didik karena kecakapannya dan kemampuannya dalam menyampaikan materi pembelajaran serta menyenangkan siswa dengan sikap wibawa dan penampilannya sebagai seorang guru/tenaga pendidik.

Acara berjalan dengan baik dan ditutup dengan pemaparan materi tentang aturan disiplin pegawai dan administrasi keuangan oleh Koordinator Kepegawaian dan Keuangan KanKemenag Kab. Padang Lawas.

Editor:
Dini Ramadhani, S.E
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd