Berita

Ka. Kankemenag Padang Lawas Hadiri Bimbingan Manasik Haji Terpadu di Tingkat Kecamatan Eks Barteng

Selasa, 23 April 2024 18:21 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas melaksanakan kegiatan bimbingan manasik haji terpadu untuk tingkat kecamatan  yaitu Jona Eks Barteng hari kedua di Aula Sekolah MDA Binanga Kemenag Padang Lawa, Selasa, (23/04). Kegiatan ini diikuti oleh 67 orang Jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2024 terdiri dari Kecamatan Barumun Tengah  berjumlah 23 orang, KecamatanAek Nabara 12 orang, Kecamatan Sihapas Barumun 1 Orang, KecamatanBarumun Barat 2 Orang dan kecamatan Huristak 29 Orang . Bimbingan manasik haji terpadu ini dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 22 s/d 25 April 2024.

Dalama acara tersebut diikuti oleh Ka. Kankemenag Padang Lawas, Abdul Manan, MA,  Kasubbag Tata Usaha, Kasi dan Penyelenggara Haji dan Umroh,  Kepala KUA Eks Barmun Tengah. Acara tersebut Lansung dibuka oleh Ka. Kankemenag Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA, sekaligus memberikan Bimbingan dan Arahan kepada Jama’ah Haji.

Kegiatan bimbingan manasik haji terpadu ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada jemaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam dan peraturan yang berlaku. Dalam kegiatan ini, jemaah haji akan mendapatkan materi tentang fiqih haji, manasik haji, kesehatan haji, dan lain sebagainya.

“Tahun 2024 menjadi tahun istimewa bagi umat Islam di Indonesia terutama di wilayah Kabupaten Padang Lawas, di mana kuota haji diperkirakan akan kembali normal setelah dua tahun pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tentunya akan diikuti dengan lonjakan jumlah jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci. Dengan mengikuti bimbingan haji, calon jamaah haji tahun 2024 akan mendapatkan bekal pengetahuan dan persiapan yang lebih matang untuk melaksanakan ibadah haji dengan mabrur dan sempurna”. Ujar Abdul Manan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa bimbingan manasik haji terpadu ini sangat penting bagi jemaah haji. Dengan mengikuti bimbingan ini, jemaah haji diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan mabrur, yaitu diterima oleh Allah SWT.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
ZAINI PULUNGAN, S.H