Berita

Ka. Kankemenag Hadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan Dan Meal Test Tahun 1445 H/ 2024 M

Senin, 29 April 2024 22:25 WIB
  • Share this on:

Ka. Kankemenag Hdiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan Dan Meal Test Tahun 1445 H/ 2024 M

Kakan Kementerian Agama Kabupaten Padang lawas (Palas,) H. Abdul Manan, MA hadiri pengukuhan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Emberkasi/Debarkasi Medan Dan Meal Test  Tahun 1445 H/2024 M,di Asrama Haji Medan, Senin , (29/04).

Pengukuhan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Emberkasi/Debarkasi Medan tahun 1445 H/2024 M ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia diwaili Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Drs. H. Jaja Jaelani.MM.

Hadir di pengukuhan tersebut,  Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si,. Ketua MUI Sumatera Utara, Ketua FKUB Sumatera Utara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut.

Total calon jamaah haji embarkasi Medan sebanyak 8624 orang. Dari jumlah tersebut 8438 atau setara 97,85 Persen  Visa jamaah sudah rumpung. "Adapun data jamaah Sumatra Utara adalah 8.328 kuota utama, 296 tambahan, 121 petugas kloter, 66 petugas haji daerah, 31 pembimbing kabihu, dan ada 416 pro prioritas lansia," ucap kakanwil

Iya juga mengatakan data kesehatan jamaah haji Sumatera Utara yakni 8960 jamaah yang telah diperiksa ma 8877 istirahah, tiga jamaah yang perlu evaluasi 22 jamaah yang tidak istirahah, 58 jamaah masih proses dan 5 jamaah disabilitas.

Kanwil Sumut berharap PPIH yang telah diamanahkan oleh pemerintah dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya pada musim haji 1445 H ini. Ia juga mendoakan agar penyelenggaraan haji Embarkasi Batam berjalan lancar dan sukses. Gubernur Ansar juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kementerian Agama atas penyelenggaraan musim haji Embarkasi Batam yang berjalan baik dan sukses pada musim haji sebelumnya.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
ZAINI PULUNGAN, S.H