Berita

Haru Biru, Kakan Kemenag Padang Lawas Serahkan Koper Jamaah Haji Yang Telah Wafat di Arab Saudi

Kamis, 20 Juli 2023 10:10 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Isak tangis pecah saat keluarga jamaah haji Kabupaten Padang Lawas, yang wafat di Arab Saudi menerima koper milik almarhum/ah, Selasa (18/7). Koper lima jamaah yang meninggal tersebut diserahkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) KanKemenag Kab. Padang Lawas.

Kelima almarhum/ah yang telah meninggal dunia di Arab Saudi adalah H. Panaekan Nasution dari Desa Sayur Mahincat Kecamatan Barumun Selatan, H. Abu Samma Nasution dari Desa Pasir Jae Kecamatan Sosa Julu, Hj. Rajana Hasibuan dari Desa Sihaborgoan Dalan Kec. Barumun Tengah, Hj. Khalijah Lubis dari Desa Hapung Kec. Ulu Sosa dan H. Anas Nasution dari Desa Sayur Mahincat Kecamatan Barumun Selatan.

Usai Kakan Kemenag Padang Lawas menyerahkan koper kepada keluarga almarhum/ah, pecah tangis pun tak tertahankan. Keluarga berpelukan sembari meneteskan air mata.

“Mereka berlima almarhum/ah, yang merupakan Bapak/Ibu, saudara dan keluarga kita merupakan pilihan Allah, tamu Allah, yang telah membuktikan cintanya kepada Allah SWt dengan menunaikan rukun islam yang ke-5 menunaikan ibadah haji ke Makkah al-Mukarramah. In Syaa Allah mereka semua adalah haji dan hajja yang mabrur dan tidak ada balasa atau ganjaran bagi mereka selain surga jannatun na’im. Kepada Bapak/Ibu, saudara, khususnya kita keluarga yang ditinggalkan supaya tetap tabah dan ikhlaskan Ayah/Ibu kita yang telah Allah panggil bersamanya di Makkatul Mukarramah, sesungguhnya tidak ada kemampuan kita mempercepat dan memperlambat kematian seseorang” ujar H. Abdul Manan sambil meneteskan air mata

Seluruh keluarga jamaah haji mengucapkan terimakasih kepada Kakan Kemenag Padang Lawas dan seluruh petugas haji Kab. Padang Lawas yang selalu memberikan informasi perkembangan jamaah haji selama di Arab Saudi. Bahkan di saat informasi kematian itu disampaikan oleh petugas haji dari Arab Saudi, Kakan Kemenag beserta seluruh jajarannya telah terlebih dahulu mendatangi kami keluarga dan memberikan informasi tersebut sekaligus memberikan kata-kata belasungkawa.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu semuanya diberikan balasan sebaik-baik balasan oleh Allah Swt. Dan kita semua termasuk hamba-hambanya yang selalu bersyukur,” ungkap salah seorang keluarga jamaah

Penyerahan koper jamaah haji tersebut di hadiri Plt. Bupati Padang Lawas yang diwakili Kabag Kesra, Musa Irwan Hasibuan, S.Psi, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Padang Lawas, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Abarar, S.Pd, Ketua Kloter H. Ahmad Kamaluddin Daulay, S.Ag, Pembimbing Ibadah Haji, H. Umar Soleh Hasibuan, S.Ag, Tim Kesehatan Haji Indonesia, Camat Kecamatan Sosa, Muliadi Hasibuan, S.Pd, Camat Kecamatan Barumun Selatan, Sainal Abidin Nasution, S.Th.I, KUA Kecamatan Se-Kabupaten Padang Lawas dan keluarga jamaah.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd