Berita

Halal bi Halal Keluarga Besar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara

Rabu, 1 Mei 2024 07:58 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)- Suasana penuh keakraban dan kebersamaan mewarnai acara Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Kanwil Kemenag Sumatera Utara. Bertempat di Lapangan Badminton Kanwil Kemenag Sumut, Jl. Gatot Subroto No.26, Lalang, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai Kanwil Kemenag Sumut beserta keluarga, serta para pejabat undangan dari 25 kabupaten, 8 kota se-Sumatera Utara, termasuk Kabupaten Padang Lawas yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A beserta  Istri, dan Staff, Selasa, (30/04).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan saritilawah, dilanjutkan dengan sambutan dari Kakanwil Kemenag Sumut H. AHMAD QOSBI, S.Ag., MM. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H kepada seluruh keluarga besar Kanwil Kemenag Sumut dan berharap agar momen Halal Bihalal ini dapat mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan di antara para pegawai.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan saling bersalaman, serta menikmati hidangan yang telah disediakan. Suasana keceriaan dan keakraban terlihat jelas di antara para peserta yang hadir. Para pegawai dari berbagai kabupaten/kota saling bercengkrama dan berbagi cerita, mempererat tali persaudaraan yang terjalin selama ini. Dalam kegiatan halal bi halal,  juga dimeriahkan dengan Tariaan dari MAN 2 Medan .

Menurut Abdul Manan kegiatan hahal bi halal ini selain sebagai sarana pemersatu juga sebagai  suatu tradisi yang mampu merubah perilaku suatu bangsa. Setiap budaya atau tradisi pasti memiliki pelajaran atau makna untuk merubah cara fikir dan mental manusia jika tradisi tersebut benar benar dipahami dan dijadikan spirit kehidupan, Ungkap Abdul Manan.

Untuk itu tujuan dari kegiatan halal bi halal yang dilaksanakan keluarga besar  Kantor Wilayah Kementerian Agama Privinsi Sumatera Utara  ini adalah sebagai sarana silaturahmi dan  saling memaafkan  selaku ASN dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Privinsi Sumatera Utara agar tetap terjalin kebersamaan dan kekeluargaan di antara kita, tambah Abdul Manan.

Kehadiran Ka. Kankemanag Padang Lawas di acara Halal Bihalal ini menjadi bukti komitmen dan sinergi yang kuat antara Kanwil Kemenag Sumut dengan seluruh Kantor Kementerian Agama di kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Diharapkan dengan adanya momen silaturahmi ini, koordinasi dan kerjasama antar instansi dapat semakin ditingkatkan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
ZAINI PULUNGAN, S.H