Berita

Hadiri Khataman Majelis Iqra, Kakan Kemenag Padang Lawas Pesankan Pentingnya Belajar Al-Qur’an

Rabu, 5 Juli 2023 16:01 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A menghadiri Khataman Qur'an Majelis Iqra Fadhilatul Qur’an, di Desa Ramba Kecamatan Huristak, Selasa (04/07).

Kegiatan Khataman qur’an ini juga dihadiri oleh Al-Ustadz Ali Jamasi Gulo. Penyuluh Agama Islam Kec. Barumun Tengah-Huristak, Khairunnisak Hasibuan, S.Ag. Camat Kec. Huristak, Pemerintahan Desa, tokoh Adat, tokoh agama, Hatobangon Masyarakat Desa Rambah.

Dalam arahan bimbingannya, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A mengenyampaikan apresiasinya kepada Ika Nurfadilah Siregar, S.Pd selaku guru sekaligus pimpinan majelis iqra yang sudah berinisiatif membagi ilmunya dengan mengadakan majelis iqra Fadhilatul Qur’an di Desa Ramba Kec. Huristak. Ika Nurfadilah Siregar, S.Pd adalah seorang qari putri dewasa pada perhelatan MTQ di Kab. Padang Lawas dan juga merupakan guru pada MIN Sihaborgoan Dalan, Lokasi empat di Desa Pulau Bariang.

“Saya ucapkan selamat atas pelaksanaan khatam alquran Majelis Iqra Fadhilatul Qur’an dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Ika Nurfadilah Siregar, S.Pd yang sudah bercita-cita mulia untuk mengembangkan kemampuannya dengan membagi ilmunya kepada para generasi islam khususnya di Desa Ramba. Hal ini perlu mendapat dukungan dari kita semua, Bapak dan Ibu orangtua peserta didik, Pemerintahan Desa, jangan sampai anak-anak kita tidak tahu cara membaca alqur’an, buta alqur’an dan tidak mengenal al-qur’an.” Ucapnya.

“Hari ini kenyataanya bahwa anak-anak kita sekarang jauh berbeda dengan anak-anak masa dahulu. Dengan pengaruh pergaulan yang sangat luar biasa, anak-anak kita saat ini sudah bisa protes, sudah bisa keberatan dengan orantuanya sendiri. Bahkan jika kita perhatikan anak-anak kita sekarang betah berjam-jam dengan hp/andoridnya. Sehingga jika tidak kita antisipasi maka ini akan menjadi boomerang kedepannya.”

"Dengan apa kita antisipasi, yaitu dengan menanamkan al-qur’an pada dirinya. Sibukkan ia dengan al-qur’an dan mari kita tanamkkan nilai-nilai al-qur’an pada diri anak-anak kita. Selain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, membaca Al-qur'an juga merupakan upaya untuk mencapai kelapangan hidup agar terhindar dari segala kesempitan," kata H. Abdul Manan.

“Untuk itu, semoga kita semakin termotivasi untuk selalu menyertakan anak-anak kita dengan Al-qur'an dan membekalinya dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sehingga ia bisa menjadi insanul kamil yang berkakhlakuk karimah." tutup Kakan Kemenag

"Selain itu, al-ustadz H. Ali Jamasi Gulo juga menegaskan bahwa orang yang selalau bersama al-qur’an akan diberikan syafaat di hari kiamat, diberikan ketenangan dalam situasi apapun dan bagi mereka yang membaca Al-qur'an serta mengamalkannya merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT," kata al-ustadz.

Kegiatan berjalan dengan baik dan sukses. Ditutup dengan do’a bersama dan pemberian cendra mata dari Kakan Kemenag Padang Lawas kepada para peserta didik.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd