Berita

Hadiri Acara Penamatan Ponpes: Kakan Kemenag Padang Lawas Beri Beasiswa Bagi Santri Berprestasi

Selasa, 30 Mei 2023 08:40 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan M.A, menghadiri acara penamatan santri dan santriwati kelas IX Madrasah Tsnawiyah dan kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren (Ponpes) Al - Amin Mompang, Kecamatan Barumun Baru, Kab. Padang Lawas. Senin (29/05).

Mengawali sambutannya, H. Abdul Manan mengucapkan selamat kepada seluruh santri dan santriwati yang mengikuti kegiatan penamatan akhir masa pendidikan tahun pelajaran 2022 - 2023 itu. Baik tingkat Madrasah Tsanawiyah, juga tingkat Madrasah Aliyah di Ponpes Al - Amin Mompang setempat.

"Ucapan terimakasih dan selamat juga kepada pimpinan, tenaga pendidik dan kependidikan ponpes Al-Amin Mompang yang telah sukses membina dan mendidik anak - anak kita santri/santriwati selama tiga tahun bagi yang tsanwiyah dan enam tahun bagi yang aliyah. Alhamdulillah anak-anak kita semua telah menyelesaikan pendidikannya di ponpes yang kita cintai ini," lanjut Kakan Kemenag Padang Lawas.

Kakan Kemenag Padang Lawas juga berpesan kepada seluruh santri dan santriwati yang akan ditamatkan supaya melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk santri/santriwati tingkat Tsanawiyah agar melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat madrasah Aliyah, yaitu di Ponpes setempat.

"Anak - anakku semua jangan jangan ragu dan bimbang kita semua adalah pejuang mujahid, untuk itu lanjutkan pendidikannya. Bagi 30 orang pertama yang melanjutkan pendidikan ke tingkat Aliyah di ponpes ini nanti, akan saya bantu biaya pendidikannya selama enam bulan sebagai wakaf dari almarhumah ibu saya," kata Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A memotivasi seluruh santri dan santriwati yang mengikuti penamatan tingkat Tsanawiyah di ponpes itu.

"Untuk santri juara 1 terbaik putri tingkat Aliyah atas nama Siti Muridah yang akan melanjutkan pendidikannya ke UIN Syahada Padangsidimpuan nanti juga akan saya berikan beasiswa uang kuliah 1 semester, sebagai wakaf dari almarhum ayah saya, Khalifah Aminuddin," sambunya.

"Bagi ananda Mhd Sallim Mendrofa sebagai juara 1 terbaik putra dan ingin melanjutkan pendidikannya ke Suriyah Timur Tengah akan saya bantu dari Kementerian Agama Kab. Padang Lawas sebesar Rp 10 Juta Rupiah, semoga anak-anakku semua terus semangat dan bersungguh-sungguh menuntut ilmu. "tutupnya.

Pimpinan Ponpes Al - Amin Mompang Syekh. H. Sehat Muda Hasibuan, Lc, MA mengucapkan terimakasih kepada Kakan Kemenag Padang Lawas dan juga mendoakan agar Kakan Kemenag Padang Lawas semakin sukses dan tetap selalu dalam lindungan Allah SWT.

Syekh. H. Sehat Muda berharap melalui acara penamatan tersebut dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi antara pihaknya dengan masyarakat luas, termasuk tamu undangan dan para orang tua santri/santriwati.

Acara penamatan santri Ponpes Al - Amin Mompang ini, turut dihadiri oleh Ketua BSPPL H. Pauzan Hamidy Hasibuan, Ketua PC NU Padang Lawas Drs. H. Syafaruddin Hasibuan, Kadispora dan Parawisata Palas M. Rasyidi Hasibuan, dan sejumlah pimpinan Ponpes di Kabupaten Padang Lawas. 

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd