Berita

Buka Manasik Haji Di Kec. Barumun, Kakan Kemenag Padang Lawas: Seluruh Jamaah Jaga Kondisi Kesehatan

Jumat, 19 Mei 2023 08:59 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Haji Reguler tingkat Kecamatan Barumun, Barumun Baru dan Barumun Selatan, bertempat di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) KanKemenag Padang Lawas, Selasa (16/5).

Turut hadir, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Abaror, S.Pd. Kepala KUA Kecamatan Barumun, Khairuddin Daulay, S.Ag. Kepala KUA Kecamatan Barumun Selatan, Drs. Marwan Shaleh, dan Tim Kesehatan Haji Indonesi (TKHI) Padang Lawas serta para jamaah calon haji Kecamatan Barumun, Barumun Baru dan Barumun Selatan Tahun 1444H/2023M.

Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, M.A. dalam sambutannya meminta para jamaah calon haji untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT karena telah terpilih memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Menurutnya, jamaah calon haji yang ada saat ini adalah orang-orang pilihan yang ditunjuk oleh Allah Swt.

Selanjutnya, Kakan Kemenag Padang Lawas juga menyampaikan tentang kebijakan Pemerintah dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Pertama, pemerintah berkewjiban untuk melakukan pembinaan dalam hal ini dilakukan Kementerian Agama. Kedua, adalah pelayanan. Ketiga, tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan terhadap jamah haji. Mulai dari keberangkatan jamaah sampai pulangnya kembali ke tanah air tidak ada satupun yang tidak diawasi oleh pemerintah.

Selain itu, tugas pemerintah juga adalah menyediakan pelayanan administrasi, akomodasi, dan transportasi. Terakhir Kakan Kemenag Padang Lawas menekankan pada seluruh Jamaah Calon Haji untuk menjaga kesehatan menjelang keberangkatan nantinya. “Bagi semua jamaah calon haji untuk tetap memelihara kesehatan, menajaga pola makan dan istirahat yang cukup serta fokus untuk menyatukan hati dan pikiran memenuhi panggilan Allah Swt dalam menunaikan ibadah haji.”

"Saya berharap semua jamaah calon haji bisa mengikuti kegiatan manasik ini dengan baik. Materi yang akan diterima nanti InsyaAllah akan sangat berguna bagi Jamaah di tanah suci, jadi mohon perhatiannya untuk menyimak semua materi dengan baik. Sehingga kegiatan ini bisa menambah pemahaman dan pengetahuan dalam melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kakan Kemenag Padang Lawas secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan manasik haji tingkat Kecamatan Barumun, Barumun Baru dan Barumun Selatan Tahun 1444H/2023M, yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16-17 Mei 2023.

Editor:
Dini Ramadhani, S.M
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd