Berita

Berlangsung Meriah, KanKemenag Padang Lawas Sukses Gelar Upacara HAB Ke-77 Tahun 2023

Senin, 9 Januari 2023 15:43 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Selasa, 03 Januari 2023. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke-77, dengan tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat. Upacara berlangsung meriah dan sukses di Lapangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Lawas.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht. MM. M.Si. M.H. Dalam amanatnya, ia membacakan sambutan Menteri Agama RI yang mengatakan bahwa peringatan HAB Ke-77 ini menjadi momentum untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Selain itu, (sambungnya) peringatan HAB juga sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Lalu kita sebagai generasi penerus, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran atau belum,” ulas Plt. Bupati Padang Lawas.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun lalu peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama berhasil menggelorakan semangat Transformasi Layanan Umat. Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif, dan transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama dan juga beragam inovasi digital terus dilakukan mulai pusat hingga daerah.

Ia juga mengatakan bahwa bukti Kementerian Agama telah berubah dan diakui serta diapresiasi oleh Kementerian/Lembaga dan public ialah lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 berhasil di raih oleh Kementerian Agama.

Terakhir, disampaikannya bahwa HAB tahun ini mencanangkan tagline “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Tugas berat tersebut mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Sejatinya kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada Negara, Presiden RI Bapak Joko Widodo tahun ini memberikan penghargaan Satyalancana Karya satya kepada 10.073 ASN Kementerian Agama yang sudah mengabdi selama 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.869 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang. Untuk Kabupaten Padang Lawas sendiri penghargaan tersebut diberikan kepada 32 orang ASN/pegawai.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan tali asih kepada 8 orang purna bakti Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas dan pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu dan berprestasi sebanyak 175 siswa dari MIN/MIS, 89 siswa dari MTsN/MTsS, dan 51 orang siswa dari MAN/MAS.

Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat daerah masing-masing sebagai semangat kebhinekaan dan kerukunan umat. Acara ditutup dengan pemotongan kue Hari Amal Bakhti Ke-77 tahun 2023 dan foto bersama.

Kontributor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd