Berita

Berbagi Berkah, Kemenag Padang Lawas Kembali Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban Di Desa Sidokan

Senin, 3 Juli 2023 08:58 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Sabtu (01/07) Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas kembali melakukan pemotongan hewan kurban pada hari tasyrik kedua sebanyak 1 ekor sapi di Desa Sidokan Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Kakan Kemenag Padang Lawas, H. Abdul Manan, M.A melalui Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I mengatakan terdapat beragam manfaat berkurban bagi umat Islam. Salah satunya yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Hajj ayat 34, yang artinya, "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah." (QS. Al-Hajj: 34).

Manfaat berkurban bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai ungkapan rasa syukur. Sebagai umat Islam, saat mendapatkan rezeki sebaiknya dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Tak haya itu saja, perlu diingat jika rezeki yang didapat juga terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Karenanya, dianjurkan berkurban bagi umat Islam yang mampu sebagai tanda kasih sayang dengan saling berbagi ke sesama. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar ayat 1 dan 2, "Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kautsar: 1 dan 2).

Masyarakat Desa Sidokan memberikan apresiasi dan merasa sangat bahagia dengan adanya penyembelihan hewan kurban tersebut di desa itu, khususnya kepada Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas. “Kami mewakili masyarakat dan Pemerintahan Desa Sidokan menyampaikan apresiasi dan terimakasih, kami merasa bahagia serta sangat senang hati atas penyerahan hewan kurban yang diberikan oleh Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas,” ungkap masyarakat setempat.

"Inilah tujuan dilaksanakannya penyembelihan hewan kurban di desa-desa terpencil. Selain sebagai syiar, juga mendapat keberkahan dunia dan akhirat. Tak hanya itu, dengan berkurban, hubungan antar orang yang berkurban dengan penerima kurban akan semakin erat. Begitu juga dengan masyarakat yang berkumpul di tempat penyembelihan hewan kurban, dapat menjalin silaturrahim. Bahkan sebagian dari mereka menyantap daging kurban secara bersama-sama." Ujar Ahmad Saidi.

Acara penyembelihan hewan kurban di desa Sidokan ini berjalan dengan lancar dan baik. Kegiatan ditutup dengan pendistribusian daging kurban oleh panitia kurban.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Ahmad Husein Nasution, S.Pd. MM. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Abaror, S.Pd.. Kepala KUA Kecamatan Aek Nabarq Barumun, Abdullah Khomis Hasibuan, S.Ag. Kepala MIN Aek Nabara, Dra. Hotmaria, Koordinator Kepegawaian Kemenag Padang Lawas, Warisatul Mukminah Siregar, S.HI. Para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Kantor Kemenag Kab. Padang Lawas.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd