Berita

Apel Pembukaan KSM, Kakan Kemenag Padang Lawas: KSM sebagai ajang untuk menunjukkan jati diri madrasah

Selasa, 11 Juli 2023 09:50 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas). Sabtu, 8 Juli 2023 Pagi, tepat pukul 07.00 WIB, dihalaman MAN 1 Padang Lawas Plus Keterampilan dan Riset dipenuhi oleh semangat dan antusias dari para peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Padang Lawas. Acara Apel Pembukaan KSM ini menandai dimulainya serangkaian kompetisi yang semula dijadwalkan pada tanggal 5 s/d 7 Juli 2023, diundur menjadi 8 s/d 10 Juli 2023. H. Abdul Manan, M.A, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, memberikan sambutanya dan secara resmi membuka acara KSM.

Dalam sambutannya, H. Abdul Manan, M.A didampingi Kasubbag Tata Usaha, Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I memberikan apresiasi kepada Kasi Pendidikan Madrasah, Para Pengawas, Kepala Madrasah, dan peserta yang telah mempersiapkan pelaksanaan KSM ini hingga dapat terlaksana dengan baik, selamat datang kepada semua peserta, guru pembimbing, dan panitia penyelenggara.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, M.A mengingatkan para peserta agar menjadikan KSM sebagai ajang untuk menunjukkan jati diri madrasah. Beliau mendorong para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, tunjukkan bahwa Padang Lawas bisa lebih baik dari Kabupaten lain, juga mengingatkan bahwa kompetisi bukanlah semata-mata tentang meraih kemenangan, melainkan tentang proses pembelajaran, peningkatan diri, dan memperluas wawasan.

KSM tingkat Kabupaten Padang Lawas tahun 2023 ini merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh seluruh Madrasah se Kabupaten Padang Lawas. Jadwal pelaksanaan KSM akan disesuaikan dengan jenjang masing-masing. Untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA), kompetisi berlangsung pada Sabtu, 8 Juli 2023. Jenjang Madrasah Tsanawiyyah (MTs) akan mengikuti kompetisi pada Minggu, 9 Juli 2023, sedangkan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan berkompetisi pada Senin, 10 Juli 2023. Para peserta mewakili madrasahnya masing-masing akan berkompetisi dengan ketat dalam berbagai cabang mata pelajaran yang dlombakan.

Cabang mata pelajaran yang akan dilombakan dalam KSM ini antara lain Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA). Sementara itu, untuk jenjang Madrasah Tsanawiyyah (MTs), cabang mata pelajaran yang dilombakan meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan mengikuti kompetisi dalam cabang Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.

Setelah tiga hari kompetisi, akan diumumkan lima peserta terbaik dari setiap cabang mata pelajaran. Para pemenang ini akan melanjutkan perhelatan mereka ke seleksi tingkat provinsi, yang direncanakan pada 5-6 Agustus mendatang. Mereka akan berkompetisi dengan peserta dari kabupaten lain untuk mendapatkan kesempatan maju ke tingkat KSM Nasional.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Kabupaten Padang Lawas tidak hanya bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang sains, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memotivasi para siswa untuk berprestasi. Melalui KSM, diharapkan akan muncul siswa-siswa yang berbakat, inovatif, dan mampu bersaing di tingkat nasional.

KSM tingkat kabupaten Padang Lawas menerapkan metode Computer Based Test (CBT) yang menggunakan naskah soal yang disediakan oleh Kementerian Agama RI. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pelaksanaan ujian serta mempersiapkan peserta dalam menghadapi perkembangan teknologi di era digital.

Editor:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd
Fotografer:
Rizqi Mubarok Siregar, S.Pd