Berita

Cegah Stunting Sejak Dini, Kemenag Padang Lawas Berikan Sosialisasi Pada Bimwin Catin di KUA Barumun Tengah

Minggu, 9 Juni 2024 20:52 WIB
  • Share this on:

Padang Lawas (Humas)—Kemenag Padang Lawas Bersama KUA Kecamatan Barumun Tengah menggelar Kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi calon pengantinin dan merupakan program dari percepatan penurunan stunting tahun 2024, Dirjen Bimas Islam RI menggulirkan ke tingkat bawah hingga ke KUA Kecamatan untuk memberikan dukungan pelaksanaan intervensi serentak dalam pencegahan stunting di Desa  yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 3-5 Juni 2024, gebyar dan masive dilaksanakan di seluruh KUA Kecamatan Se-Kabupaten Padang Lawas dengan durasi waktu tiga hari berturut-turut, Rabu , (05/06).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA,  Plh. Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA Kecamatan Barumun Tengah dan staf Bimas Islam serta Penyuluh dari BKKBN dan PUSKESMAS Kabupaten Padang Lawas.

Di depan para peserta, Abdul Manan  Selaku Ka. Kankemanag Padang Lawas sekaligus sebagai Fasilitator Bimwin menjelaskan bahwa Bimbingan Pra Nikah bagi calon Pengantin adalah kebutuhan urgen bagi pasangan calon pengantin yang tidak bisa ditawar lagi. Program ini merupakan salah satu solusi dari problem tingginya angka perceraian yang dialami oleh pasangan yang baru menikah.

Selanjutnya Abdul Manan menjelaskan bahwa Kegiatan    yang secara total diikuti 15 Pasang calon pengantin ini dilaksanakan  dalam rangka menindaklanjuti Surat Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI Nomor : P-150/DJ III.II.4/HM.00/05/2024 Tanggal 27 Mei  2024 Perihal Dukungan Intervensi  Serentak dalam Pencegahan Stunting.  Isi surat ini  mengamanatkan agar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin  dikoordinasikan dengan Puskesmas dan PLKB  agar betul-betul bisa berkontribusi positif terhadap pencegahan stunting.

Oleh karena hal tersebut, Panitia Kegiatan yang terdiri dari Penghulu, penyuluh dan pelaksana KUA berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait agar materi-materi Bimwin seperti Konsep Keluarga Sakinah, Perencanaan Keluarga, managemen konflik dan Kesehatan Reproduksi  dapat tersampaikan sesuai target dengan metode yang tepat.

Sebagai sebuah gerakan nasional, Bimwin kali ini juga mendapat perhatian serius dari kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Padang Lawas Afnan Siregar senantiasa melakukan monitoring dan Evaluasi agar program ini berjalan sesuai dengan rencana dan mencapai target maksimal.

Diakhir acara dilakukan cek kesehatan bagi calon Pengantin.

Editor:
Heri Hidayat, S.Sos
Kontributor:
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas
Penulis:
Heri Hidayat, S.Sos
Fotografer:
Heri Hidayat, S.Sos